Friday, May 31, 2013

HABLUM MINANNAAS YANG SUKSES

HABLUM MINANNAAS YANG SUKSES

Pergaulan yang baik dan positif dengan orang lain merupakan salah satu perintah Allah SWT dalam berbagai surah dan ayat Al Qur’an. Dan sebagai makluk sosial yang senantiasa berinteraksi dengan sesama maka kegiatan hablum minannaas ini merupakan salah satu kunci sukses menuju kehidupan yang berhasil. Tidak ada seorangpun di dunia ini bisa hidup tanpa bantuan orang lain dan menjalankan tugasnya sebagai kalifah di muka bumi.

Bagaimana kita menjadikan diri kita menjalankan hablum minannaas dengan berhasil. Ada beberapa tahapan untuk mencapainya.

#1 – JADIKAN DIRI ANDA DITERIMA OLEH ORANG LAIN

Caranya adalah dengan menampilkan kepribadian yang baik yang dapat dilihat dari sikap, gesture, tindakan, tutur kata bahasa yang baik, santun, ramah, ceria, bersemangat, banyak senyum dan semua sifat dan penampilan anda yang membuat orang lain nyaman dengan anda.
Bila anda mengenal seseorang untuk pertama kalinya, maka kesan orang itu atas anda supaya anda bisa menjad orang yang diterima olehnya terjadi dalam 4 menit pertama. Jadi, manfaatkan waktu yang singkat itu dengan mengajak orang itu bergembira bersama anda.

#2 – JADIKAN DIRI ANDA DISUKAI ORANG LAIN

Setelah anda membuat diri anda diterima, tahap selanjutnya adalah membuat diri anda disukai orang lain. Berikanlah komentar yang positif dan mendukung dalam setiap pembicaraan, pujilah orang lain bila ia memang pantas menerimanya namun secara tidak berlebihan. Akuilah kekurangan anda bila memang orang lain lebih paham dari anda. Mudahkanlah meminta maaf bila anda salah. Bagilah ilmu dan pengalaman anda dengan orang lain tanpa sikap menggurui. Itulah beberapa contoh saja, masih banyak kebaikan yang dapat anda lakukan untuk menjadi disukai orang lain.

#3 – JADIKAN DIRI ANDA DIBUTUHKAN ORANG LAIN

Pribadi yang dibutuhkan oleh orang lain adalah orang yang suka menolong sesama, dermawan, senang berbagi ilmu dan pengalaman, lebih menguasai satu bidang tertentu dibanding orang lain. Jadikanlah diri anda orang yang senantiasa ditunggu kehadirannya, dijadikan tempat untuk curhat dan berkonsultasi, menjadi tumpuan harapan banyak orang dan menjadi penggembira suasana. Serasa ada sesuatu yang hilang bila anda tidak hadir.

Kalau sudah pada tingkatan seperti itu maka anda akan semakin sibuk dan ladang pahala terbentang di depan anda. Sebaliknya ujian Allah akan semakin berat dan semakin banyak setan yang akan menguji anda.
Semoga anda berhasil menjalankannya dengan IKHLAS, jujur dan karena Allah semata. Aamiin ya Rabbal’aalamiin

Semoga bermanfaat

Article by: Bambang Irawan, inspired by: MTGW 

No comments:

Post a Comment