Friday, October 31, 2014

ISTIGHFAR

FAIDAH ISTIGHFAR


Bermakna "Tholabul Maghfioh" (mencari/meminta Maghfiroh). "Al-Maghfiroh" maknanya perlindungan dari dampak buruk/kejelekan dosa yang kita lakukan. (Syaikh Ibnu Taymiyah; Majmu al-Fatawa)

Diantara Faidah Istighfar:

#1. Diampuni Dosa

Firman Allah اَللّهُ سبحانه وتعالى

"Dan barangsiapa yang mengerjakan keburukan dan menzolimi dirinya, kemudian ia beristighfar kepada Alloh, niscaya ia mendapati Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS 4 - An-Nissa : 110)

#2. Tolak Bala

Firman Allah اَللّهُ سبحانه وتعالى

"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka, dan tidaklah (pula) Alloh akan mengazab mereka, sedang mereka beristighfar." (QS 8 - Al-Anfaal : 33)

#3. Sebab Melimpahnya Rejeki

Firman Allah  اَللّهُ سبحانه وتعالى

"Maka aku katakan kepada mereka, 'beristighfarlah kepada Robb kalian, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.'" (QS 71 – Nuh : 10-12)

#4. Kenikmatan yang Baik

Firman Allah  اَللّهُ سبحانه وتعالى

"Dan hendaklah kamu beristighfar kepada Robbmu dan bertaubat kepada-Nya. Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan." (QS 11 – Hud : 3)

#5. Menghapus Kesedihan, Keluar dari Kesulitan dan Datangnya Rejeki

Rasulullah صلى اللّه عليه وسلم bersabda, "Barangsiapa yang membiasakan istighfar, maka Alloh akan memberikan untuknya jalan keluar dari setiap kesulitan, kelegaan dari setiap kesedihan dan Alloh akan menurunkan rejeki dari jalan yang tidak disangka-sangka." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

وَاللّهُ أعلَم بِالصَّوَاب

No comments:

Post a Comment