Wednesday, October 17, 2018

MENGERJAKAN KEBAIKAN

MENGERJAKAN KEBAIKAN
Renungan Awal Malam
Sahabat dan Kerabat, Allah SWT. berfirman : "Maka barang siapa mengerjakan kebaikan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya". ~ QS 99 - Az-Zalzalah : 7 – 8 ~
Allah SWT. juga berfirman : ''Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tidak seorangpun dirugikan barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahalanya). Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan". ~ QS 21 - Al-Anbiyaa’ : 47 ~
Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.
Sahabat dan Kerabat, pada Hari Perhitungan (Yaumul Hisab) nanti, setiap perbuatan kita masing-masing akan ditimbang dengan tepat.
Barang siapa yang mengerjakan kebaikan (walaupun hanya) sebesar (biji) dzarrah, niscaya dia akan mendapatkan balasannya. Sebaliknya, barang siapa yang mengerjakan kejahatan (walaupun hanya) sebesar (biji) dzarrah, niscaya dia juga akan mendapatkan balasannya.
Dalam kaitannya dengan hal ini, Umar bin Khattab RA. pernah berkata : "Haasibu anfusakum qabla antuhasabu", yang artinya "Hisablah dirimu (amalmu) sebelum kelak engkau dihisab (oleh Allah SWT)".
Sahabat dan Kerabat, apabila kita sering menghisab diri kita sendiri, maka Insya Allah kita akan bisa lebih mudah untuk melihat dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat, dan dengan demikian, maka kita akan bisa segera memohon ampun atas dosa dan kesalahan kita itu, serta sekaligus juga kedepannya kita akan bisa mengendalikan diri kita, supaya dosa dan kesalahan tersebut tidak akan terulang kembali.
Imam Hasan Al Bashri berkata : "Seorang Mukmin adalah orang yang mampu mengusai dan bermuhasabah terhadap dirinya".
Sahabat dan Kerabat, berikutnya marilah kita panjatkan do'a ini :
"Allahumma hawwin ‘alaina fii sakaratilmaut, wannajaata minannari wal’afwa ‘indal hisaab"
"Ya Allah, mudahkan bagi kami waktu (sekarat) menghadapi maut, dan selamatkan dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab".

Aamiin Yaa Rabbal 'alaamiin

No comments:

Post a Comment