Friday, November 30, 2018

TADABBUR SURAH AL WAQIAH

TADABBUR SURAH AL WAQIAH
Tadabbur surah Al Waqiah 
Hotel Gran Alia 1 Desember 2018
Abu Bakar pernah bertanya apa yang membuat rambutmu beruban ya Rasulullah. Kata Rasulullah, Aku dibuat tua oleh surah Al Waqiah, Huud, al Mursalat, an Naba.
Ayat 1
Jika apa yang mesti terjadi, menjadi terjadi, maknanya jika hari kiamat yang pasti terjadi akan terjadi.
Ayat 2
Tidak ada yang terhadap kejadian itu mendustakan, maknanya tidak ada yang mampu menolak datangnya dan tidak ada satupun yang mampu membantah kedatangannya
Ayat 3
Hari itu merendahkan dan meninggikan. Maknanya, orang yang mungkin ditinggikan di standar dunia akan direndahkan hari itu, tapi yang mungkin di rendahkan akan ditinggikan sesuai standar Allah.  Di dunia sesuatu yang dianggap tinggi atau rendah berubah-ubah tergantung trend nya, maka kita berpergang pada standar Allah yang tidak  berubah. Maka tanyakan kepada Allah apa yang Ia anggap tinggi dan rendah.
Ayat 4-6
Diguncangkan bumi dengan guncangan yang keras. Bumi yang berat saat ada guncangan akan mendapat tekanan yang besar dibanding sesuatu yang ringan. Kalau kita menimbang dunia pada hari itu ringan. Bumi jadi ringan, amalan jadi berat. Hari itu timbangan berbeda dengan yang kita tahu,
Zubaidah istri Harun ar Rasyid bermimpi dibebaskan dari api neraka. Orang mengira itu karena amal dia membangun saluran air untuk para jamaah haji umroh, ternyata bukan, tapi karena sedekah dia kepada orang, yang orang lain nggak tahu.
Ada ulama yang bukunya tersebar luas tapi ternyata yang menyelamatkan dia dari api neraka karena dia pernah mengajarkan al-Fatihah di kampung terpencil.
Amal yang tertinggi adalah amal yang hanya untuk Allah.
Mus'ab bin Umair saat meninggal para sahabat terharu karena dia berjasa dan kaya raya di Mekah tapi saat meninggal untuk kain penutup jenazahnya saja tidak cukup. Kata sahabat, Mus'ab pahalamu engkau nikmati semua di akhirat dan tidak ada yang engkau nikmati di dunia.
Berbuat itu untuk Allah dan caranya dengan cara yang benar
Apa yang mahal? Yang kita lakukan untuk Allah
Apa yang rendah? Yang kita lakukan untuk kita
Rasulullah pernah mendapat ghanimah 90 ribu keping emas, tapi beliau saat meninggalnya di rumahnya yang sangat sederhana, tidak ambil sedikitapiun untuk meluaskan kamarnya misalnya supaya sujudnya tidak kena kaki
Aisyah, karena beliau memahami betul nilai sesuatu yang tinggi dan rendah di mata Allah .
Jika orang meninggal diberi kesempatan kembali ke dunia maka ia akan bersedekah, kenapa? Kata sedekah dari kata shodaqo yasdiqu, siddik, membenarkan, kita yakin dengan kebenaran bahwa harta kita akan ada di akhirat.
Ayat 7
Engkau  bersama orang-orang yang engkau cintai. Ada orang Badui bilang aku sangat cinta Allah dan Rasulullah, kata Rasulullah engkah bersama dengan orang yang engkau cintai.
Di akhirat nanti ada 3 kelompok
Kelompok kanan, simbol baik, orang-orang yang berada di sebelah kanan dan menerima kitab di sebelah kanan.
Kelompok kiri, kata syumun, pesimis dan frustasi makna akar katanya. Tangan kiri menerima kitab.
Kelompok tiga, syabiq, orang duluan masuk, orang yang berlomba dan melompat,  melampaui, duluan. 
Abu Bakar hampir tidak ada kebaikan yang Abu Bakar tidak kerjakan dan lebih awal, syabiqunal syabiqun. Orang kasih sedikit dia banyak, orang tidur dia bangun.
Ada sahabat menangis karena saat Rasul sedang menggalang dana dia tidak punya uang maka ia berkata pada Allah bahwa ia tidak punya sesuatu tapi ia bilang kepada Allah bahwa ia mensedekahkan dirinya, dan langit berguncang karena sedekahnya diterima. 
Ibunya Anas bin Malik menyerahkan anaknya untuk membantu Rasulullah. Ibunya Maryam menyerahkan Maryam untuk Allah.
Apa itu zuhud? Ambil di dunia yang banyak, ambil secukupnya untuk dirimu dan yang banyak untuk orang lain. Santri disuruh isi bak mandi sampai penuh semua lalu dia mandi sedikit saja, yang lain di pakai santri yang lain.
Tidak pantas kita memikirkan dunia dengan volume yang besar, sepantasnya akhirat yang kita lebih pikirkan, Rasulullah orang yang paling mengkuatirkan akhiratnya. Umar saat mau tidur ingat mesti sholat tahajud, saat mau tidur siang inget mesti urusin umat.

No comments:

Post a Comment