Sunday, June 28, 2020

TAK ADA LOGIKA DAN SAINS DALAM MUSIBAH

Kalau memang kebersihan bisa mencegah corona, mungkin Italia tidak akan kolaps kena corona, karena Italia termasuk negara terbersih di Eropa.

Kalau memang panas bisa membunuh corona, mungkin Iran tidak akan rubuh karena corona, karena Iran negara gurun yang panas.

Kalau memang kehati-hatian bisa mencegah corona, mungkin pangeran Charles tidak akan terpapar Covid-19, karena hidupnya paling hati-hati dan terjaga.

Dan kalau memang orang yang cuek dan sembrono (maaf) pola hidupnya pasti kena corona, mungkin para pengamen, kuli-kuli kasar dan para pedagang pasar tradisional sudah pada tersungkur semua, terutama orang gila yang hidupnya penuh dengan kotoran terlebih dahulu karena kena corona.

Kenapa demikian? Karena hidup ini tidak harus selalu sejalan dengan teori, sains dan akal manusia.

Jangan lupakan Qodho dan Qodarnya Allah serta kuatkanlah iman kepada keduanya. Dialah Yang Maha Menentukan, Menjamin dan Menjaga. Jangan terlalu yakin dengan pendapat sains.

Sehingga lupa akan kekuasaan-NYA, berpaling dari-NYA, hadapilah takdir buruk nan pahit ini dengan takdir terbaik-Nya yaitu banyak berdoa dan bermunajat kepada-Nya seraya memohon ampun dan meminta agar segera menghentikan bala' yang sangat berat ini.

Rasulullah bersabda,

لا يَرُدُّ القَضَاءَ إلاّ  الدُّعَاء

"Tidak ada yang dapat merubah takdir kecuali doa." Hasan. HR. At-Tirmidzi⁣⁣

Ibnul Qayyim berkata,"Doa merupakan sebab dan ikhtiar terbaik di dunia yang mampu mendatangkan manfaat dan menghindari serta menolak bala."

Kita tidak tahu kapan bala' ini akan berakhir dan kita tidak tahu apakah virus corona ini semakin parah ataukah kian mereda?

Itu rahasia Allah, hanya Dia yang mengetahui jawabannya sedangkan kita hanya bisa beribadah dan bertawakkal.

Hentikan semua perdebatan, jangan banyak mengeluh, jangan menyebar hoaks, apalagi berburuk sangka kepada Allah!

Ayo tetap waspada terhadap corona, tanpa harus berlebihan menyikapinya, yang pasti corona ini adalah teguran dan ujian yang harus kita hadapi dengan penuh kesabaran, selalu menjaga shalat, taubat dan banyak berdoa. wallaahu a'lam.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membuka mata hati setiap orang yang membacanya.

Akun resmi Ustadz Djazuli Ruhan Basyir⁣⁣⁣

Instagram|

https://instagram.com/djazuliruhanbasyir.official?igshid=pkd6g2cwvc38

Facebook https://www.facebook.com/profile.php?id=100044286949095

#djazuliruhanbasyir #drb


No comments:

Post a Comment