Tuesday, October 6, 2020

BERKAH HIDUP SAAT FAJAR

Seorang Sahabat bertanya kepada khaIifah Ali Bin Abi Thalib

Apa arti dan makna "Berkah"?

KhaIifah Ali menjawab: “Pernahkah kamu melihat Anjing dan Kambing...??”

Pria itu berkata: “Iya tentu pernah... Mengapa dengan kedua hewan itu..?” 

KhaIifah Ali bertanya kembali: “Manakah diantara keduanya yang lebih banyak melahirkan anak...??”

Orang itupun cepat menjawab : “Anjing lebih banyak anaknya. dan Anjing bisa melahirkan sampai tujuh anak, sedangkan Kambing paling banyak hanya melahirkan satu atau dua anak”.

KhaIifah Ali kembali bertanya lagi: “Jika anda merperhatikan di sekeliling anda, manakah yang lebih banyak anda lihat? Kambing atau Anjing..?

Pria itu menjawab : “Saya melihat lebih banyak Kambing daripada Anjing”.

KhaIifah Ali berkata: ”Bukankah Kambing itu yang selalu lebih banyak disembelih dan populasi jumlah harusnya jadi berkurang dan lebih sedikit dibanding anjing...?”

Orang itu kembali menyahut: “Iya benar!” 

KhaIifah Ali berkata: “ituIah  BERKAH

Kembali orang itu bertanya: “Mengapa bisa demikian..? Mengapa wahai KhaIifah Kambing engkau katakan yang mendapat keberkahan, sedang Anjing tidak..?”

"KhaIifah Ali, berkata: “Kambing mendapat berkah, sebab kambing-kambing tidur pada awal malam dan bangun sebelum Fajar, sehingga kambing selalu mendapatkan saat turunnya Rahmat Allah, dan saat itulah kambing memperoleh Berkah. Adapun anjing-anjing itu kerjanya hanya menggonggong sepanjang malam, tapi jika sudah dekat saat fajar,  mereka terdiam dan tidur..”

“Padahal disaat Fajar Pagi itulah Rahmat Allah Swt Turun ke bumi  sehingga anjing kehilangan kesempatan untuk meraih keberkahan dan rahmat Allah. Karena kambing mendapat berkah semakin bertambah banyak manfaatnya. Dan mendapat manfaat lain yang dihasilkannya.

Semoga pelajaran ini menjadi tambahan ilmu bagi kita agar lebih baik dalam menjalani hidup untuk mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. Aamiin....

No comments:

Post a Comment