Friday, September 6, 2013

PERSIAPAN SEBELUM AJAL MENJEMPUT

PERSIAPAN SEBELUM AJAL MENJEMPUT


Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah Subhaanahu wa ta’ala, ajal tak pernah pilih-pilih usia, besar kecil, tua muda, sehat ataupun sakit, siapa yang akan mati lebih dulu tak ada yang mengetahui. Oleh karena itu sangat perlu kita menyiapkan diri sebelum ajal dating menjemput sewaktu-waktu… Semoga catatan ini memberikan pencerahan bagi kita semua dan keluarga kita.

Kematian adalah fase perjalanan yang pasti dilalui oleh setiap manusia. Perjalanan yang sangat jauh dan lama menurut ukuran keduniawian. Perjalanan yang memerlukan bekal yang cukup untuk sampai ke negeri akhirat. Dalam perjalanan kita akan melalui tempat-tempat persinggahan dan jalan-jalan yang berliku, terjal dan berbahaya. Kendaraan yang kita gunakanpun harus berada dalam kondisi prima, bila tidak, kita tidak akan sampai ke akhirat dengan selamat.

Apa persiapan yang perlu kita lakukan sebelum ajal menjemput kita?

#1 -  Mengakui dosa-dosa disertai penyesalan yang mendalam, dan ketidak berdayaan kita di hadapan Allah Yang Maha Kuasa, dengan tujuan agar taubat kita bisa diterima dan sempurna. Penyesalan dan taubat yang disertai tangisan dan tetesan air mata agar dosa-dosa kita diampuni dan Allah menerima taubat kita

#2 – Menunaikan hak-hak Allah dan hak-hak manusia yang harus kita lakukan sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain.

#3 – Memperhatikan, peduli dan menerbitkan wasiat yang harus kita tunaikan sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain

#4 – Menyelesaikan masalah harta milik yang harus ditunaikan sendiri tanpa bantuan orang lain maupun ahli waris sendiri. Jangan sampai setelah wafat ada timbul persoalan dan pertikaian antara ahli waris. Atau ahli waris tidak melaksanakan hak-hak Allah maupun hak-hak orang lain yang belum dituntaskan oleh yang wafat.

#5 – Mempersiapkan kain kafan berikut adab-adabnya.

Semoga bermanfaat.


Disarikan dari Kitab Al Baiyatus Shalihat Bab 6 : 532-533 

1 comment:

  1. http://quantumfiqih.files.wordpress.com/2011/04/ingat-saat-sekarat-brilly-el-rasheed.pdf.

    ReplyDelete