Friday, September 6, 2013

TENTANG BERHIJAB

TENTANG BERHIJAB


Berhijab atawa berjilbab merupakan perintah Allah yang hukumnya wajib dilaksanakan setiap perempuan yang telah baligh seperti halnya shalat, puasa, zakat dan sebagainya. Allah berfirman:

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”  ~ QS 33 – al-Ahzab : 59 ~

Jilbab bukan ukuran baik atau buruknya akhlaq seseorang. Dan tidak disyaratkan bahwa hati, akhlaq, ilmu agama, shalat, puasa serta amalan-amalan lainnya sempurna terlebih dahulu.

Jikau engkau berjilbab dan ada orang yang mempermasalahkan akhlaq-mu ... Katakan kepada mereka bahwa berjilbab dan akhlaq adalah 2 hal yang berbeda.

Berjilbab adalah murni perintah Allah yang wajib bagi wanita muslim yan telah baligh tanpa memandang akhlaq-nya, baik atau buruk. Sedangkan akhlaq adalah budi pekerti yang tergantung pada pribadi masing-masing. 

Jika seorang wanita berjilbab melakukan dosa atau melanggar perintah Allah, itu bukan karena jilbabnya melainkan karena akhlaq-nya.

Yang berjilbab belum tentu berakhlaq baik, namun yang berakhlaq baik pastilah berjilbab ..... Wallahu a’lam
Konsekuensi bila tidak melaksanakannya sedangkan kita mengetahuinya, adalah melakukan dosa setiap hari, sebagaimana tidak melaksanakan perintah Allah lainnya ... Naudzubillah min dzalik ..........

SAMPAI KAPAN SEORANG WANITA HARUS BERJILBAB?

Allah berfirman:
Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tidak ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermkasud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui~ QS 24 – an-Nuur : 60 ~

Catatan kaki Al-Qur’an: Menanggalkan pakaian adalah pakaian luar yang kalau dibuka tiada menampakkan aurat ....

Dengan demikian wanita  tuapun diwajibkan tetap menutup aurat dan menggunakan jilbab sebagaimana diperintahkan dalam surat dan ayat di atas.

Semoga bermanfaat ...


No comments:

Post a Comment