Monday, January 13, 2014

HADITS TENTANG KEUTAMAAN HARI JUM’AT

HADITS TENTANG KEUTAMAAN HARI JUM’AT


Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh saudara-saudaraku yang dirahmati Allah Subhaanahu wa ta’ala, berikut beberapa hadits tentang keutamaan hari Jum’at.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Sebaik-baik hari yang terbit matahari ialah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan pada hari itu juga dia dikeluarkan dari surga. Pada Jum’at juga kiamat akan berlaku. Pada hari itu tidaklah seorang yang beriman meminta sesuatu dari pada Allah melainkan akan dikabulkan permintaannya (HR Muslim)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Sesungguhnya hari Jum’at adalah penghulu segala hari dan hari yang paling besar di sisi Allah Subhaanahu wa ta’ala, yaitu hari yang lebih besar dari pada hari raya Adha dan hari raya Fitrah. Pada hari Jum’at itu terdapat lima kejadian yaitu hari yang dijadikan Adam ‘alaihissalam dan Baginda diturunkan dari surge ke muka bumi, dan pada hari itu juga wafatnya Adam ‘alaihissalam, dan Allah mengkaruniakan satu saat di mana doa-doa dikabulkan, kecuali doa-doa maksiat, dan hari Jum’at juga akan terjadinya hari kiamat” (HR Ibnu Majah)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:Tidaklah seseorang muslim itu meninggal dunia pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at melainkan Allah menyelamatkanyya dari fitnah kubur (soalan dalam kubur)”  (HR At-Tirmidzi)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan, semuanya adalah penghapus dosa-dosa di antara kedua-duanya selagi mana dijauhi dosa-dosa besar” (HR Muslim)

Semoga bermanfaat

Wassalam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 7 Januari 2014 

No comments:

Post a Comment