Wednesday, February 18, 2015

DALIL PUASA RAJAB

DALIL PUASA RAJAB


Biasanya beredar broadcast mengenai Puasa Rajab kurang lebih BC nya seperti ini

Bulan Rajab akan jatuh pada tanggal 20 April 2015.
  • Barang siapa berpuasa 1 hari maka pahala nya seperti puasa 1 tahun
  • Barang siapa berpuasa 7 hari maka di tutup pintu2 Neraka Jahanam,
  • Barang siapa berpuasa 8 hari maka dibuka 8 pintu Surga,
  • Barang siapa berpuasa 10 hari akan dikabulkan segala permintaannya,
  • Barang siapa mengingatkan kepada orang lain tentang hal ini saja , seakan ibadahnya 80 tahun
  • ''Subhanallah'' yg muslim teruskan ΐπΐ
Benar memang tgl 1 Rajab akan jatuh pada tanggal 20 April 2015 namun tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab baik bentuknya shalat, puasa, zakat, maupun umrah. Mayoritas ulama menjelaskan bahwa hadis yang menyebutkan amalan di bulan Rajab adalah hadis dhaif dan tertolak.

Ibnu Hajar mengatakan, “Tidak terdapat riwayat yang sahih yang layak dijadikan dalil tentang keutamaan bulan Rajab, tidak pula riwayat yang shahih tentang puasa rajab, atau puasa di tanggal tertentu bulan Rajab, atau shalat tahajud di malam tertentu bulan rajab. Keterangan saya ini telah didahului oleh keterangan Imam Al-Hafidz Abu Ismail Al-Harawi.” (
Tabyinul Ujub bi Ma Warada fi Fadli Rajab, hlm. 6)

Riwayat yang menyebutkan reaksi mereka terhadap puasa rajab. Riwayat ini kami ambil dari buku Lathaiful Ma’arif, satu buku khusus karya Ibnu Rajab, yang membahas tentang wadzifah (amalan sunnah) sepanjang masa

Diriwayatkan dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau memukul telapak tangan beberapa orang yang melakukan puasa rajab, sampai mereka meletakkan tangannya di makanan. Umar mengatakan, “Apa rajab? Sesungguhnnya rajab adalah bulan yang dulu diagungkan masyarakat jahiliyah. Setelah islam datang, ditinggalkan.”

Kesimpulan: tidak ada puasa pengkhususan utk bulan Rajab. Utk yang sudah terbiasa puasa sunnah semisal senin kamis, ayyamul bidh atau Daud silahkan dilanjutkan.

Wallahualam 'alam,

Semoga bermanfaat

Wasallam, Mimuk Bambang Irawan

4 comments: