Saturday, October 17, 2015

DOA NABI IBRAHIM

DOA NABI IBRAHIM


Mari kita Renungi penggalan-penggalan Do'a Nabi Ibrahim:

#1. Tidak semua keturunan Nabi Ibrahim ditempatkan di makkah, hanya Nabi Ismail dan keturunannya. Sedangkan Nabi Ishaq dan anak yang lainnya berada di Syam.

#2. Nabi Ibrahim memohon, agar keturunannya ( aitu keturunan Nabi Isma'il) mentauhidkan Allah dan menegakkan shalat, karena shalat termasuk 'ibadah yang paling utama dalam agama. Barangsiapa yang menegakkan shalat, maka berarti ia menegakkan agama Islam.

Lalu Allah mengabulkan do'a Nabi Ibrahim ini, Allah memilih dari keturunan Nabi Isma'il seorang Nabi yang Mulia, yaitu Nabi Muhammad yang mengajak manusia kepada agama islam, agama Nabi Ibrahim. maka ketika manusia memenuhi ajakan dakwah ini mereka menjadi orang-orang yang menegakkan shalat.

#3. Nabi Ibrahim meminta kepada Allah, agar menjadikan manusia cinta kepada mereka (Nabi Isma'il dan ibundanya), dan mencintai tempat yang mereka tinggali.
Maka Allah mensyari'atkan kewajiban Ibadah Haji di Tanah Suci Makkah. Dan di antara keajaiban yang diberikan oleh Allah adalah hati manusia selalu rindu kepada tempat tersebut, yaitu BAITULLAH.

#5. Nabi Ibrahim memohon kepada Allah, agar memberikan rizqi kepada mereka berupa buah-buahan. Maka, Allah mengabulkan permintaan tersebut, Allah mendatangkan beraneka ragam jenis buah-buahan di Makkah dan juga melimpahkan banyak rizqi di sana. (Disarikan dari tafsir as-Sa'di, 1/427)

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita untuk bisa meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Isma'il.

Dan semoga kita diberi karunia oleh Allah untuk bisa mengunjungi Baitullah di Tanah Suci kota Makkah al~Mukarromah.

Allahumma Aamiin...

Bekasi, 3 Oktober 2015
Wasallam, Mimuk Bambang Irawan



No comments:

Post a Comment