Wednesday, November 4, 2020

KYAI KOK MENCURI?

Seorang Kyai diundang makan malam oleh sepasang suami istri di rumah mereka.

Setelah sang Kyai itu pergi, si istri berkata kepada suaminya...

"Uang kita hilang, aku pikir Pak Kyai yang mengambil uang 5 juta di meja itu. Padahal uang itu akan aku berikan untuknya."

Dengan marahnya si suami berkata: "Jika begitu dia pencuri! Kita tidak perlu datang ke pengajiannya lagi."

Dua bulan kemudian si wanita bertemu dengan Kyai itu di jalan dan dengan terpaksa menyapa Sang Kyai.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh... Pak Kyai, tentu anda menyadari bahwa sudah lama kami tidak hadir di pengajian anda." Buka si wanita 

"Wa'alaikumussalam wa Rahmatullahi wabarakatuh..ya betul sekali bun.. kenapa tidak pernah mengaji lagi?" Tanya Sang Kyai

"Karena kami marah pada anda. Ketika anda makan malam di rumah kami, di meja ada uang 5 juta yang menghilang, setelah anda pergi. Dan Pak kyai adalah satu-satunya orang yang datang ke rumah kami hari itu."

Sang Kyai dengan tersenyum menjawab:

"Ya benar saya yang mengambil uang itu dan menaruhnya dalam Al-Qur’an anda, agar tidak terkena tumpahan saus. Maafkan saya kalau waktu itu saya tidak beri tahu anda, karena saya pikir anda dan suami tiap hari pasti buka dan membaca Al-Qur’an."

Mendengar hal tersebut, si Wanita itupun amat malu sekali dan meminta maaf kepada sang Kyai.

Setelah kembali ke rumah, dia mengambil dan mengecek Al-Qur’annya dan ternyata benar dia  menemukan 5 juta berada di dalam Al-Qur’an yang sudah dia anggurkan selama dua bulan.

Selama dua bulan si wanita dan suaminya tidak pernah membuka dan membaca Al-Qur’an tersebut.

Selama dua bulan mereka telah menuduh Kyai itu telah mencuri uang mereka.

Sahabat...

Semoga kita tidak seperti kisah suami dan isteri di atas...

Jarang Membaca Alqur’an, berprasangka buruk dan menghakimi orang lain yang belum tentu bersalah.

Tiada Hari tanpa membaca Al-Qur'an... Semangat ya saudara saudariku

No comments:

Post a Comment