Monday, August 27, 2012

ORANG-ORANG YANG MERUGI DI AKHIRAT

SIAPAKAH ORANG-ORANG YANG KELAK AKAN MENJADI ORANG YANG MERUGI DI AKHIRAT?

Setidaknya ada 5(lima) perkara yang menurut Firman Allah SWT akan menyebabkan orang-orang menjadi RUGI, :

1. Orang-Orang yang mendustakan ayat-ayat Allah SWT (Al-Qur'an dan kitab-kitab suci yang diturunkan Allah SWT kepada para Nabi & Rasul sebelum Muhammad SAW).

وَلا تَكُونَنَّ مِنَ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ فَتَكُونَ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Dan sekali-kali janganlah kamu termasuk orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang RUGI." (QS. Yunus [10] : 95)

2. Orang-Orang yang melanggar perjanjian dengan Allah SWT (Sebelum janin ditiupkan Ruhh, maka sebelumnya Allah SWT telah mengambil janji terlebih dahulu kepada Ruh dimaksud) & orang-orang yang membuat kerusakan di bumi.

الَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الأرْضِ أُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

"(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang RUGI." (QS. Al-Baqarah [2] : 27)

3. Orang-Orang yang mencari Agama selain Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima agama itu.

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang RUGI." (QS. Ali-Imraan [3] : 85)

4. Orang-Orang yang merugikan diri sendiri dan keluarganya disebabkan kemusyrikannya.

فَاعْبُدُوا مَا شِئْتُمْ مِنْ دُونِهِ قُلْ إِنَّ الْخَاسِرِينَ الَّذِينَ خَسِرُوا أَنْفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَلا ذَلِكَ هُوَ الْخُسْرَانُ الْمُبِينُ

"Maka sembahlah olehmu (hai orang-orang musyrik) apa yang kamu kehendaki selain Dia. Katakanlah: "Sesungguhnya orang-orang yang RUGI ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat". Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata." (QS. Az-Zumar [39] : 15)

5. Orang-Orang yang memiliki HARTA dan Anak-anak, tetapi keduanya justru menyebabkan ia lalai untuk mengingat Allah SWT.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلا أَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang RUGI." (QS. Munaafiquun [63] : 9)

Wallahu A'lam Bish Shawwab.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

No comments:

Post a Comment