Thursday, December 19, 2013

7 TIPS MENJAGA HATI

7 TIPS MENJAGA HATI 

#1 – Mengikhlaskan hidup dan meniatkan semua ibadah hanya untuk Allah Subhaanahu wa ta’ala. Senantiasa bersyukur karena semua rahmat dan karunia dalam hidup ini berasal dariNya

#2 – Memperbanyak tilawah (membaca) Al Qur’an, baik pada pagi, siang, sore dan malam hari yang disertai dengan perenungan, pemahaman dan melaksanakan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sebaik mungkin.

#3 – Memperbanyak puasa sunnah. Puasa merupakan ibadah yang secara khusus melatih kesabaran jiwa serta mengamankan sistim tubuh kita dari berbagai jenis zat makanan dan minuman yang bisa membahayakan kesehatan kita.

#4 – Berperang melawan nafsu (mujahadatun nafs) dengan usaha yang keras dan penuh semangat untuk mengalahkan keinginan dan syahwat yang cenderung menjerumuskan kita kepada hal-hal yang negatif seperti marah, kikir dan malas.

#5 – Berdoa dan berdzikir yang disunnahkan, termasuk bershalawat di setiap kesempatan untuk menghindarkan iman kita dari erosi serta untuk mengingat kembali akan tujuan kita hidup di dunia. Usahakan melakukan dzikrullah setiap saat, di mana saja.

#6 – Melatih diri untuk melakukan ibadah-ibadah secara istiqomah (konsisten). Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan latihan ini, hindari memboroskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Latihlah diri untuk bersedekah secara rutin dalam berbagai bentuk.

#7 – Membaca kisah-kisah inspiratif tentang kesabaran dari para sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam, tabi’in serta tokoh-tokoh Islam lainnya.

Semoga bermanfaat

Jakarta, 18 Desember 2013
Wassalam, © Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment