Thursday, December 19, 2013

PUASA ARAFAH

PUASA ARAFAH


Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh saudara-saudaraku yang dirahmati Allah Subhaanahu wa ta’ala,

Insyaa Allah dalam beberapa hari yang akan datang, para tamu Allah yang sedang berhaji di Tanah Suci akan melaksanakan wukuf di padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum hari Idul Adha. Sungguh disunnahkan bagi umat Rasulullah yang tidak berwukuf untuk melakukan Puasa Arafah. Inilah dalil-dalil dan keutamaan puasa Arafah

#1 – Meraih syafaat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam karena puasa Arafah adalah kesukaan Rasulullah. Sabda beliau: “Tiada hari dalam setahun aku berpuasa lebih aku sukai dari pada hari Arafah” (HR Baihaqi)

#2 – Penghapus dosa setahun yang lalu bahkan sesudahnya. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Aku berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya” (HR Muslim)

#3 – Saat berpuasa doa sangat mustajab. Nabi Shallallahu’alaihi wassalam bersabda: “Sebaik-baiknya doa adalah doa di hari Arafah” (HR at-Tirmidzi)

#4 – Insyaa Allah dengan taubat yang bersungguh-sungguh dan puasa Arafah, Allah bebaskan dari neraka. Nabi Shallallahu ’alaihi wassalam bersabda: “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari Neraka adalah hari Arafah” (HR Muslim)

#5 – Nabi Shallallahu’alaihi wassalam bersabda: “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun” (HR Bukhari Muslim)

Wallahu’alam bissawab

Selamat berpuasa Arafah, semoga Allah Subhaanahu wa ta’ala menerima dan melipat-gandakan pahala amalan puasa Arafah kita … Aamiin ya Rabbal’aalamiin ....   

Wassalam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 10 Oktober 2013 

No comments:

Post a Comment