Thursday, December 19, 2013

PUASA 13 DZULHIJJAH DAN PUASA AYYAMUL BIDH

PUASA PADA 13 DZULHIJJAH DENGAN NIAT PUASA AYYAMUL BIDH 3 HARI


Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh saudara-saudaraku yang dirahmati Allah Subhaanahu wa ta’ala,

Ada sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seorang teman: “Ibuku biasa berpuasa sunnah ayyamul bidh 3 hari di setiap tengah bulan pada tanggal 13, 14 dan 15. Bagaimana hukumnya bila tanggal 13 Dzulhijjah adalah hari Tasyriq seperti tahun 1434 H ini untuk untuk berpuasa. Apakah ibuku harus berpuasa tanggal 13 tersebut, atau cukup berpuasa ayyamul bidh tanggal 14 dan 15 saja untuk bulan Dzulhijjah ini?

Tidak boleh bagi ibumu atau siapapun juga untuk berpuasa tanggal 13 Dzulhijjah karena merupakan hari tasyriq di mana Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam melarang puasa pada hari-hari tasyriq. Beliau bersabda:

Sesungguhnya hari-hari tasyriq adalah hari makan dan minum dan hari berdzikir kepada Allah” (HR Ahmad & Muslim)

Kecuali orang yang tidak mampu menunaikan kewajiban hadyu (sembelihan yang dihadiahkan pada penduduk Makkah) untuk haji tamattu’ atau qorn, maka tidak mengapa dia berpuasa sebagai pengganti hadyu tersebut, sebagaiman di sebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

Tidak diperkenankan berpuasa pada hari tasyriq, kecuali bagi orang yang tidak mampu menunaikan hadyu” (HR Bukhari)

Dan dia (ibumu) diperkenankan berpuasa pada tanggal 14, 15 dan jika dia mau silahkan berpuasa pada tanggal 16 Dzulhijjah untuk menyempurnakan puasa ayyamul bidh 3 hari dan yang demikian itu lebih afdol, karena nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam berpesan pada para sahabatnya radiyallahu anhum untuk berpuasa ayyamul bidh 3 hari setiap pertengahan bulannya

Sama saja apakah ayyamul bidh tersebut berbenturan ataupun tidak (seperti kasus di atas), maka jika seorang muslim mau berpuasa pada ayyamul bidh itu lebih afdol.

Diterjemahkanoleh Abu Syeikha dari situs web http://www.binbaz.org.sa/mat/595

Selamat berpuasa ayyamul bidh maupun puasa tasyriq, semoga Allah Subhaanahu wa ta’ala menerima dan melipat-gandakan pahala amalan puasa kita … Aamiin ya Rabbal’aalamiin ....   

Wassalam, Mimuk Bambang Irawan

Jakarta, 10 Oktober 2013 

No comments:

Post a Comment