Thursday, December 19, 2013

BAHAYANYA MEMBUKA AIB SAUDARA

BAHAYANYA MEMBUKA AIB SAUDARA 


Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah Subhhanahu wa ‘ta’ala dan berbahagia di atas hidayah Islam dan sunnah. Hari ini saya akan membahas dua hadits yang bersifat ancaman yang sangat keras bagi manusia yang suka membuka aib saudaranya.

Semoga dua buah hadits yang mulia ini mendapat tempat di hati kita, sehingga mulai hari ini dan seterusnya insyaa Allah kita sibukkanlisan kita untuk sesuatu yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kita. Renungkanlah dan memohon kapada Allah agar dimudahkanNya untuk mengamalkan lisan ini untuk sesuatu yang bermanfaat.

BAHAYA GIBAH

#1 – Mendapat siksa atau azhab yang sangat pedih. Dari Anas bin Malik, bahwasanya Rasululllah bersabda:”Tatkala aku dinaikkan saat Isra’ Mi’raj, aku melewati sekelompok orang yang kuku-kuku mereka dari tembaga. Mereka mencakar wajah dan dada-dada mereka dengan kuku tersebut. Akupun bertanya kepada malaikat Jibril tentang perihal mereka. Jibril menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang memakan daging manusia (gibah) dan merusak kehormatan orang lain” (HR Abu Dawud no. 4870)

#2 – Dimasukkan radghatal khabal ke dalam mulutnya (ditenggelamkan) sampai keluar dari mulutnya apa-apa yang pernah dia ucapkan kepada saudaranya yang tidak benar.

Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam: “Barangsiapa yang membicarakan sesuatu yang tidak ada pada diri seseorang mukmin, maka akan dimasukkan ke dalam mulut mereka radghatal khabal (lubang yang penuh dengan darah dan nanah yang mengalir dari penghuni neraka, sehingga dia dibersihkan (dari hukuman) dosa-dosa yang diucapkannya (keluar dari mulutnya apa yang pernah dia ucapkan) atau sampai dia bertaubat dan minta halal (terhadap apa yang pernah dia tuduhkan di dunia ini)(HR Abu Dawud no. 3594)

Semoga bermanfaat.

Jakarta, 17 Desember 2013

Wassalam, © Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment