Saturday, February 13, 2016

MENGUCAP ASSALAMU'ALAIKUM

Mengucap Assalamu’alaikum
Dalam perspektif Islam, mengucapkan salam assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh atau ringkasnya “assalamu’alaikum” artinya menyampaikan pesan damai, rasa hormat, dan doa. Ketika akan masuk rumah atau kediaman orang lain pun dianjurkan kita mengucapkan salam.
Pernah suatu ketika Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyuruh kembali seorang laki-laki yang masuk ke rumah orang lain tanpa salam terlebih dahulu.
Mengenai salam, ada sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari Rahimahullah, seorang sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam; “Amalan Islam apa yang paling mulia?”. Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, “Memberi makanan (kepada orang yang butuh atau yang meminta-minta), dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali.”
Di dalam Islam, ketika seorang muslim bertemu dengan muslim yang lainnya dan sejenis, diharapkan mengucapkan salam sambil menjabat tangannya. Dengan menjabat tangan, dosa kedua orang tersebut akan luruh karenanya.
Dalam riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim Rahimahumullah, Allah Ta’ala mengajarkan kalimat salam kepada Nabi Adam ‘Alaihis salam. Kemudian Beliau mengucapkan “Assalamu’alaikum” kepada malaikat. Atas ilham Allah Ta’ala, para malaikat menjawab, “Assalamu’alaikum wa rahmatullah”, yang artinya keselamatan, kesejahteraan dan kasih sayang Allah Ta’ala untukmu.
MasyaAllah, hanya dengan mengucapkan salam kepada saudara muslim, kita sudah melakukan amalan yang baik dan tercatat sebagai pahala.
Wallahu a’lam


No comments:

Post a Comment