Wednesday, February 24, 2016

YAASIIN ATAU AL KAHFI

Yaasiin atau Al Kahfi
Malam Jum'at Baca Yaasiin ataukah Al Kahfi ?? 

Mungkin sudah menjadi tradisi di negara kita Indonesia dan khususnya di tanah Jawa bahwa membaca surat Yaasiin di malam jumat menjadi kebiasaan bagi masyarakat secara umum. Lalu adakan sumber yang pasti yang memerintahkan hal tersebut ataukah hanya sebuah tradisi yang masuk ke Indonesia untuk mengislamkan orang-orang Indonesia pada umumnya kala Islam baru pertama masuk dan asing di Indonesia? Mari kita cari tau bersama atas dasar dan kebenarannya secara pasti.
Dalam berbagai sumber, sangat sulit menemukan tentang perintah atau sunnah untuk membaca Yaasiin di hari jum’at, yang ada justru al kahfi yang dianjurkan untuk dibaca di hari jum’at.  Adapun surat Yaasiin yang merupakan surat yang merupakan jantungnya Al Quran justru dianjurkan untuk dibaca setiap hari bersama Ar Rahman, Al Waqiah dan Al Mulk. 
Ayat yang diperintahkan untuk dibaca di malam Jum’at adalah sebagai berikut berdasarkan hadist yang kami temui berbunyi :

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalamTakhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

No comments:

Post a Comment