Thursday, April 14, 2016

INI BULAN HARAM

Ini Bulan Haram

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri sendiri dalam bulan yang empat itu......” ~QS 9 - At Taubah: 36~
4 bulan haram tersebut adalah bulan Dzul Qadah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.
Dinamakan bulan haram ada yang memaknakan karena:
1) Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan.
2) Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan tersebut. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.
Ibnu Abbas mengatakan, Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.
Perlu diketahui bahwa hari ini sudah memasuki bulan Rajab.
ADAKAH SHALAT & PUASA KHUSUS DI BULAN RAJAB?
Adapun tentang bulan Rajab, keutamaannya dalam masalah shalat dan puasa khusus padanya dibanding dengan bulan-bulan yang lainnya, semua haditsnya sangat lemah dan palsu. Oleh karena itu, tidak boleh seorang Muslim mengutamakan dan melakukan ibadah yang khusus pada bulan Rajab, serta tidak sepatutnya kita ikut menyebarluaskan pesan tersebut di medsos, dsb, dikarenakan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda; “Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaknya dia mengambil tempat duduknya di neraka(HR. Bukhari & Muslim).
Cukuplah seseorang dikatakan berdusta, jika ia menceritakan setiap yang dia dengar(HR. Muslim)
Walaupun seseorang tidak dikatakan berdusta secara langsung namun dia dapat dikatakan mendukung kedustaan karena menukil banyak hadits lalu mendiamkannya, padahal bisa saja hadits yang disampaikan dhoif atau dusta.
Semoga kita dimudahkan untuk menjalankan amalan baik dengan ikhlas dan mengikuti tuntunan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam dan dimudahkan untuk menjauhi segala laranganNya.
Aamiin ya Rabbal’aalamiin

No comments:

Post a Comment