Wednesday, April 6, 2016

MENGINGKARI KEBAIKAN ORANG LAIN

Mengingkari Kebaikan Orang Lain

Rasululloh Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda; “Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia(HR. Abu Daud)
Hadits ini mengandung dua pengertian:
1. Orang yang tabiat dan kebiasaannya tidak mau berterimakasih terhadap kebaikan orang, biasanya dia juga mengingkari nikmat Allah dan tidak mensyukuri-Nya.
2. Allah tidak menerima syukur hamba kepada-Nya apabila hamba tidak mensyukuri kebaikan orang.
Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda; “Siapa yang memperoleh kebaikan dari orang lain, hendaknya dia membalasnya. Jika tidak menemukan sesuatu untuk membalasnya, hendaklah dia memuji orang tersebut, karena jika dia memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, berarti dia telah mengingkari kebaikannya...”
(HR. Tirmidzi)
Beberapa orang terdekat yang wajib disyukuri kebaikannya:
#1. ORANG TUA 
Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu.”
~ QS 31 -  Luqman : 14 ~
Tersebutlah kisah seorang anak yang pernah memikul ibunya ketika thawaf keliling Ka’bah, itu pun belum bisa dikatakan membalas setarik nafas yang ia keluarkan ketika melahirkan kita.
#2. SUAMI
Kewajiban seorang istri untuk berterimakasih kepada suaminya sangatlah besar. Seorang suami telah bersusah-payah mencarikan nafkah serta mencukupi kebutuhan anak dan istrinya.
Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda; “Wahai para wanita, bersedekahlah kalian dan perbanyaklah istighfar (meminta ampunan kepada Allah), karena aku melihat kalian terbanyaknya penghuni neraka.”
Ketika Nabi menyampaikan wasiat tersebut, ada seorang wanita bertanya, “Mengapa kami (para wanita) menjadi mayoritas penghuni neraka?” Beliau menjawab, “Kalian banyak melaknat dan mengingkari (kebaikan) suami.”
(HR. Muslim)
#3. ISTRI
Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam senantiasa mengingat-ingat jasa dan perjuangan istrinya tercinta, Khadijah radhiallaahu anha. ‘Aisyah radhiallaahu 'anha berkata, “… Terkadang aku berkata kepada Nabi, ‘Seolah tidak ada wanita di dunia ini kecuali selain Khadijah!’ Nabi lalu bersabda, Sesungguhnya Khadijah dahulu begini dan begitu (beliau menyebut kebaikannya dan memujinya)..."  (HR. Bukhari dan Muslim)
Hari Jum'at telah datang, mari membaca surat Al Kahfi, memperbanyak istighfar, sholawat, doa dan sadaqoh.
Robbana Taqobbal Minna. Ya Allah terimalah dari kami (amalan kami), Aamiin ya Rabbal’aalamiin

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment