Tuesday, April 5, 2016

KEUTAMAAN AHLUL QUR'AN

Keutamaan Ahlul Qur’an
(Orang yang senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an)

#1. Allah Subhanahu wa ta’ala mengangkat derajat ahlul qur’an menjadi keluarga-Nya.
Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya di antara manusia terdapat keluarga Allah. Para sahabat bertanya, Siapakah mereka Yaa Rasul?? Rasul menjawab: Mereka adalah ahlul qur’an, mereka itu keluarga Allah dan orang-orang pilihan-Nya(HR.Ahmad)
#2. Ahlul Qur’an disejajarkan derajatnya oleh Allah dengan para Malaikat dan Nabi yang telah diberi wahyu. Sementara orang yang bacaannya masih terbata-bata dianugerahi dua pahala
Rasulullah bersabda: “Orang yang pandai berinteraksi dengan Al-Qur’an akan bersama malaikat yang mulia dan taat sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an terbata-bata dan merasa kesulitan akan mendapat dua pahala” (HR Muslim)
#3. Ahlul Qur’an paling berhak menjadi imam dalam sholat
Rasulullah bersabda: Yang berhak menjadi imam adalah yang paling banyak interaksinya dengan al-Qur’an
#4. Ahlul Qur’an selalu mendapatkan ketenangan, rahmat, naungan malaikat, serta namaya disebut-sebut oleh Allah
Rasulullah bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) membaca kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali turun kepada mereka ketenangan, rahmat, dikelilingi malaikat dan Allah menyebut-nyebut nama mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya” (HR Muslim)
#5. Ahlul Qur’an senantiasa mendapat kebaikan dari Allah
Sabda Rasulullah: “Sebaik-naik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR Bukhari)
#6. Menjadi ahlul qur’an adalah kenikmatan yang harus didamba-dambakan
Rasulullah bersabda: “Tidak boleh iri kecuali terhadap dua kenikmatan; kepada orang yang diberi al-Qur’an oleh Allah kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang dan orang yang diberi harta oleh Allah lalu ia membelanjakannya di jalan Allah sepanjang malan dan siang” (HR Bukhari)
#7. Mempelajari Al-Qur’an adalah sebaik-baik kesibukan

Allah berfirman dalam hadis Qudsi: Barang siapa yang disibukkan Al-Qur’an dalam rangka berdzikir dan memohon kepada-Ku, niscaya akan aku berikan sesuatu yang lebig utama dari apa yang telah kuberikan pada orang yang meminta. Dan keutamaan kalam Allah dari seluruh kalam selainnya adalah seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya (HR Turmudzi).

No comments:

Post a Comment