Friday, March 23, 2018

MEMELIHARA DIRI DARI AZAB

KAJIAN AL QUR’AN
MEMELIHARA DIRI DARI AZAB
Pengajian Subuh Masjid At Taubah – Ustadz Abdullah Amin – Bekasi, Senin, 12 Maret 2018
Topik kajian membahas surat Al Baqarah : 281, tentang ‘Memelihara diri dri azab’ serta surat-surat/ayat-ayat lainnya yang berkenaan dengan memelihara diri dari azab..
QS 2 : 281; Wattaqū yauman… – Dan takutlah pada hari…  ketika saat itu semua akan kembali kepada Allah, dihisab (diperhitungkan amal baik buruknya) dan akan diberikan balasan yang sempurna terhadap apa yang kita kerjakan. Di dunia pun sebenarnya juga sudah ada balasan namun tidak sempurna.
QS 8 : 25; Wattaqū fitnatal – dan peliharalah dirimu dari siksaan
QS 2 : 123; Wattaqū yaumal… – dan takutlah pada hari… ketika saat itu tidak seorangpun dapat menggantikan (membela) orang lain sedikitpun, tebusan tidak diterima, bantuan tidak berguna baginya, dan mereka tidak akan ditolong. 
QS 2 : 48; Wattaqū yaumal… – dan takutlah pada hari… ketika saat itu tidak seorangpun dapat menggantikan (membela) orang lain sedikitpun. Syafaat (pertolongan yang diberikan oleh rasul atau orang-orang tertentu untuk meringankan azab atau beban seseorang di akhirat, atas izin Allah) da tebusan apapun darinya tidak diterima dan mereka tidak akan ditolong.
QS 3 : 185; Hanya pada hari kiamat sajalah diberikan balasan dengan sempurna. Di duniapun sudah ada balasan tapi tidak sempurna. ‘Kullu nafsin zā’iqatul-maut’, setiap yang bernyawa = setiap yang berjiwa akan ‘merasakan’ mati. Artinya setiap  jiwa hanya merasakan mati, belum mati betul
QS 21 : 34-35; ‘Kullu nafsin zā’iqatul-maut’, setiap yang bernyawa akan ‘merasakan’ mati. Tidak ada yang hidup kekal/abadi.
QS 29 : 57; ‘Kullu nafsin zā’iqatul-maut’, setiap yang bernyawa akan ‘merasakan’ mati. Dan semuanya akan dikembalikan kepada Allah.
QS 30 : 11; Allah menciptakan mahluk-Nya, lalu mati dan menghidupkannya kembali untuk kembali kepada Allah.
QS 36 : 22; Tidak ada alasan untuk tidak menyembah Allah yang telah menciptakan kita. Hanya kepada Allah kita semua akan dikembalikan.
QS 36 : 81-83; Allah Maha Mencipta, Dia mencipta dan mampu menciptakan kembali sesuatu
QS 3 : 30; Pada hari kiamat setiap jiwa akan mendapatkan balasan atas kebaikan maupun keburukan/kejahatan yang dilakukannya. Allah memperingatkan hambanya akan siksa yang akan dihadapinya kelak di hari kiamat.
--------------------------------------------------------------------------------------------
Disarikan oleh H.R.Mimuk Bambang Irawan - Jakasampurna, Bekasi, Senin, 12 Maret 2018

No comments:

Post a Comment