Thursday, May 3, 2018

PENCIPTAAN DAN PEMBENTUKAN MANUSIA

KAJIAN AL QUR’AN
PENCIPTAAN DAN PEMBENTUKAN MANUSIA
Pengajian Subuh Masjid At Taubah – Ustadz Abdullah Amin – Bekasi, Senin, 30 April Kamis, 3 Mei 2018
Topik kajian membahas tentang Penciptaan dan Pembentukan Manusia dalam surat Ali Imran : 6 - 9 serta surat-surat/ayat-ayat lainnya yang berkenaan dengan topik tersebut
QS 3 : 6; Allah membentuk manusia di dalam rahim sebagaimana yang dikehendaki-Nya. Membentuk, bukan menggambar. Dibentuk oleh Allah dalam rahim, walaupun asalnya adalah janin dengan proses bayi tabung
QS 59 : 24; Allah itu al musawwiru = yang membentuk, bukan menggambar.
QS 82 : 7-8; Manusia telah durhaka kepada Allah, padahal Allah yang telah menciptakan manusia, lalu menyempurnakan kejadian manusia dan menjadikan tubuh manusia seimbang dalam bentuk yang dikehendaki-Nya. Manusia tidak hanya durhaka kepada Allah, tapi juga mendustakan hari pembalasan.
Al Karim = Maha Pengasih, Maha Pemurah. Allah Al Karim, pengasih pada semua manusia.
Allah Al Rahim, Pengasih pada semua mukmin
QS 33 : 43; Ar-Rahman/Rahim, maha penyayang pada orang-orang yang beriman
QS 95 : 4; Allah menciptakan bentuk manusia sebaik-bgaiknya.
QS 64 : 3; Allah membentuk manusia dan memperbagus rupanya
QS 40 : 64; Allah membentuk manusia dan memperindahnya, memberinya rejeki, mencipta bumi untuk sementara tempat tinggal
QS 35 : 1-2; Allah mencipta malaikat dengan sayap yang jumlahnya 2,3 atau 4. Mereka dijadikan utusan-utusan untuk mengurus berbagai urusan. Sayap Jibril ada 600!!!
 QS 70 : 4; Jibril dan para malaikat naik menghadap kepada Allah dalam sehari yang setara dengan 50.000 (limapuluh ribu) tahun.
QS 32 : 7-9; Manusia berasal darai tanah, sperma, disempurnakan lalu ditiupkan ruh ke dalamnya. Jadi ruh bukan berasal dari sperma
QS 15 :28-29; Allah berfirman kepada para malaikat, bahwa Allah telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Setelah sempurna kejadiannya Allah meniupkan ruh kedalamnya ciptaan-Nya. Jadi ruh bukan dari sperma, melainkan merupakan ciptaan Alah.
QS 17 : 85; Ruh itu urusan Allah. Manisoa hanya tahu sedikit tentang ruh. Pengetahuan tentang ruh dan segala sesuatunya hanyalah sedikit. Oeh karena itu jangan sombong.
QS 23 : 12-16; Tentang penciptaan manusia: Saripati berasal dari tanah à air mani à janin dalam rahim à segumpal darah (sesuatu yang melekat/menempel  pada rahim) à segumpal daging à daging menjadi tulang belulang à tulang belulang dibungkus daging à menjadi mahluk yang berbentuk.
QS 22 : 5; Allah telah menjadikan manusia dari tanah à setetes air mani à segumpal darah yang melekat à segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna kejadiannya dalam rahim sesuai kehendak Allah sampai waktu yang telah ditentukan à lahir sebagai bayi.
QS 13 : 8-9; Allah mengetahui apa yang ada dalam kandungan seorang wanita, apa yang kurang sempurna dan apa yang ditambah dalam rahim. Segala sesuatu ada ukurannya. Allah mengetahui semua yang ghaib dan yang nyata.
QS 35 : 11; Allah menciptakan manusia dari tanah, lalu dari air mani, kemudian berpasangan laki-laki dan perempuan. Bila perempuan mengandung dan melahirkan maka itu semuanya dengan sepengetahuan Allah. Umur manusiapun juga tidak dipanjangkan atau dikurangi, melainkan sudah ditetapkan dalam Kitab “Lauh Mahfuzh”
QS 31 : 34; 5 hal yang ghaib bagi manusia: 1. Hari kiamat, 2. Turunnya hujan, 3. Yang ada dalam rahim, bayi laki atau perempuan, sifat anak yang dikandung, 4. Hari esok, apa yang terjadi besok, 5. Tempat mati seseorang.
--------------------------------------------------------------------------------------------
Disarikan oleh H.R.Mimuk Bambang Irawan - Jakasampurna, Bekasi, Senin, 30 April – Kamis, 3 Mei 2018

No comments:

Post a Comment