Tuesday, May 8, 2018

AYAT-AYAT RAMADAN

KAJIAN AL QUR’AN
AYAT-AYAT RAMADAN
Pengajian Subuh Masjid At Taubah – Ustadz Abdullah Amin – Bekasi, Senin, 7 Mei 2018
Menjelang Bulan Ramadan topik kajian kali ini membahas tentang AYAT-AYAT RAMADAN dalam surat Al Baqarah : 183- 185 serta surat-surat/ayat-ayat lainnya yang berkenaan dengan aktifitas di bulan Ramadan
QS 2 : 183-184: Orang yang beriman diwajibkan berpuasa pada hari-hari tertentu di bulan Ramadan. Bukan hanya di bulan Ramadan (hanya beberapa hari saja) melainkan pada bulan Ramadan, artinya seluruh hari di bulan Ramadan.
Disebutkan diwajibkan atas kamu ‘seperti orang-orang terdahulu sebelum kamu’ artinya semua Nabi berpuasa, sholat dan zakat. Supaya kita tidak merasa berat, karena orang terdahulu juga sudah menjalankan puasa Ramadan.
Di kala Ramadan naik Haji, lebih banyak melakukan kebajikan dengan rela hati itu baik bagi kita (QS 2 : 184), karena Allah Maha Mensyukuri (QS 2 : 158)
QS 2 : 185; Orang sakit atau lagi berpergian (safar) harus mengganti puasanya di luar Ramadan (meng-qodo). Namun bila tetap uasa itu lebih baik. Kalau sakitnya berat dan perjalanannya berat, baru tidak puasa.
QS 2 : 185; Hendaklah mencukupkan bilangannya = dilaksanakan seluruh bulan Ramadan, tidak terputus-putus. Puasa = siam = saum = poso.
-      Orang sakit atau berpergian yang tidak puasa, harus mengganti puasanya di luar Ramadan (meng-qodo)
-      Orang yang menstruasi/dalam masa nifas dilarang berpuasa, tapi harus mengganti pada hari/bulan yang lain.
-      Di luar yang tiga di atas (sakit, safar dan mens) kalau tidak puasa tidak perlu mengganti (misalnya: di masa muda tidak puasa, tidak harus mengganti tidak puasa di masa mudanya)
-      Kalau berat menjalankan (seperti: orang tua yang tidak sakit, orang hamil atau menyusui) wajib bayar fidiyah (memberi makan orang miskin)
-      Ada hadits Nabi: Orang tua tidak perlu puasa
-      Fidiyah: memberi makan orang miskin, dibayar di bulan Ramadan (tapi masi bisa di bulan Syawal). Jumlahnya: prakteknya beras 1 liter per 1 orang miskin, lebih juga boleh (1 mut = 1 liter)
QS 19 : 26; Saum dalam ayat ini bermakna ‘tidak bicara’ dan hanya berlaku khusus untuk Maryam
QS 19 : 30-31; Allah memerintahkan Nabi Isa ysang diberi kitab Injil untuk menunaikan sholat dan zakat selama hidupnya
QS 19 : 54-55; Nabi Ismail menyuruh keluarganya untuk melaksanakan sholat dan menunaikan zakat
Hasil dari melaksanakan puasa: 1. Agar menjadi orang yang bertaqwa (QS 2 : 183), 2. Agar menjadi orang yang bersyukur (QS 2 : 185), 3. Agar dapat diberikan petunjuk (hidayah) tentang kebenaran (QS 2 : 186)
QS 76 : 3; Allah telah menunjukkan jalan yang lurus, ada yang bersyukur, ada yang tidak alias kafir
QS 2 : 158;  Yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati à Allah akan mensyukuri (memberi pahala terhadap amalnya, memaafkan kesalahannya, menambah nikmatnya, dsb.)
--------------------------------------------------------------------------------------------
Disarikan oleh H.R.Mimuk Bambang Irawan - Jakasampurna, Bekasi, Senin - Selasa, 7 - 8 Mei 2018

No comments:

Post a Comment