Thursday, June 7, 2018

KEUTAMAAN MENJENGUK ORANG SAKIT

KEUTAMAAN MENJENGUK ORANG SAKIT
“Hak seorang Muslim atas Muslim lainnya ada enam : bila engkau menjumpainya, maka ucapkanlah salam kepadanya, jika ia mengundangmu, maka sambutlah, bila meminta nasehat kepadamu, nasehatilah, jika ia bersin dan memuji Allâh, maka doakanlah, dan bila ia sakit, tengoklah, serta bila ia mati, iringilah jenazahnya.” (HR. Muslim No. 2162)
PELAJARAN YANG TERDAPAT DALAM HADITS :
#1. Salah satu hak sesama muslim yang tertera di dalam hadits diatas adalah sebuah adab mulia, yaitu menjenguk orang sakit yang merupakan hak seorang muslim kepada muslim lainnya, yang memiliki banyak keutamaan dan akan dapat membuahkan limpahan pahala.
#2. Keutamaan menjenguk orang sakit :
1) Seolah berada di kebun surga.
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Siapa saja yang menjenguk orang sakit akan senantiasa berada di kebun surga sampai ia kembali" (HR. Muslim)
Maksudnya, orang yang menjenguk orang sakit akan memanen banyak pahala sebagaimana orang yang berada di kebun surga yang memanen buah-buahan surga.
2) Berada di dalam rahmat Allah Subhanahu wa ta’ala
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang menjenguk orang sakit, ia akan masuk ke dalam rahmat (Allah), sehingga apabila duduk, ia akan berada di dalam rahmat tersebut" (HR. al-Bukhari)
3) Mendapatkan doa kebaikan dari Malaikat
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa yang mendatangi saudaranya muslim (yang sakit) untuk menjenguknya, ia berjalan di atas kebun surga hingga ia duduk. Apabila ia duduk, rahmat (Allah) akan menyelimutinya. Bila waktu itu pagi hari, tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan bila ia melakukannya di sore hari, tujuh puluh ribu malaikat tersebut akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)
Malaikat bersalawat artinya mendoakan kebaikan bagi mereka.
4) Penyebab masuk surga.
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang menjenguk orang sakit atau berkunjung kepada saudaranya karena Allah, akan ada penyeru yang berseru, “Alangkah baiknya dirimu, alangkah baiknya langkahmu, engkau telah menempati tempat tinggal di surga” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)
TEMA HADITS YANG BERKAITAN DENGAN AL QUR'AN:
Menjenguk orang sakit bagian dari adab Islam yang mulia. Dan bagian dari rahmat,  yang dengannya Islam datang dan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam diutus untuk itu:
1. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman : "Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam” ~ QS.21 - Al-Anbiya : 107 ~
2. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman : "Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah" ~ QS 33 - Al-Ahzab : 21 ~
3. Allah Subhanahu wa ta’ala. berfirman : "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar" ~ QS 2 - Al-Baqarah : 155 ~
SEMOGA MANFAAT

No comments:

Post a Comment