Monday, June 24, 2013

KISAH DAJJAL – Bagian 1

SIAPA DAJJAL ITU?

Sahabat-sahabatku yang dicintai Allah, kali ini kita bahas kisah yang menarik mengenai Dajjal. Nabi Muhammad saw bersabda: “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya tidak ada fitnah dimuka bumi ini - sejak Allah menciptakan Nabi Adam dan keturunannya - yang lebih dahsyat daripada Dajjal. Dan Allah swt. tidak mengutus seorang rasul atau nabipun kecuali ia memperingatkan umatnya terhadap kemunculan Dajjal. Aku adalah Nabi terakhir, dan kalian adalah umat terakhir pula. Dajjal pasti keluar ditengah-tengah kalian. Jika ia keluar sedang aku ada diantara  kalian, maka aku akan mengalahkannya dengan hujjah dan kemampuanku. Jika ia keluar setelah aku tiada, maka setiap orang menjadi penolong bagi dirinya sendiri untuk mengalahkan musuhnya. Allah adalah penggantiku bagi setiap Muslim….” ( Hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Majah dalam Musnad-nya Ibn Khuzaimah dan al-Hakim dari Abu Umamah r.a.)

Siapa sebenarnya Dajjal ini, sehingga Allah menitahkan kepada setiap rasul atau nabiNya, mulai dari Nabi Ibrahim sampai Nabi Muhammad Rasulullah s.a.w,  untuk mengingatkan umatnya mewaspadai dan memeranginya?

Penjelasan mengenai sosok dan kisah Dajjal ini dapat ditemukan dalam bukunya Muhammad Isa Dawud berjudul; “Dajjal akan muncul dari segitiga Bermuda”. Dajjal dilukiskan sebagai sosok yang aneh, bermata satu dan memiliki usia berabad-abad, tidak pernah tua seolah usianya berhenti di umur tigapuluhan. Sejak lahirnya di Samirah, seratus tahun sebelum Nabi Musa, masa kecilnya menimbulkan banyak kesedihan dan kesusahan bagi kedua orang tuanya yang hidup ditengah abad penyembahan berhala. Karena hukuman Allah maka Samirah dan kaumnya dihancurkan, kecuali, karena rencanaNya pula, Dajjal yang terselamatkan dari bencana yang kemudian dipelihara oleh Jibril di suatu pulau.

Setelah mengalami gemblengan dari Jibril dengan ajaran mengenai Allah melalui seekor binatang aneh, ia keluar dari pulau itu dan memulai pengembaraannya yang panjang dengan nama Samiri yang diambil dari nama daerah asalnya; Samirah.

Dajjal memiliki pemikiran yang jenius. Berkat pengalaman hidupnya melanglang buana selama berabad-abad itu, ia jadi menguasai seluruh ilmu dan hukum-hukum alam semesta melebihi manusia manapun. Penguasaan ilmu dan teknologi adalah modal baginya untuk memuaskan nafsunya. Kelebihannya ini membuat ia bertekad untuk mewujudkan cita-citanya menjadi tuhan dari alam semesta ini dan menghancurkan semua yang menentangnya, terutama Islam dan kaum Muslim.

Sifat kemurtadannya terhadap Allah SWT. berkembang sejak usia belia. Padahal Allah yang Maha Adil telah memberikannya kesempatan untuk menjadi manusia baik melalui ajaran-ajaran yang disampaikan melalui Jibril. Namun ia memilih mengikuti nafsunya dan berkolusi dengan Iblis untuk menyelewengkan manusia dari ketaatan kepadaNya.

Bersambung …..

Kisah Dajjal bagian 1 ini merupakan satu dari empat tulisan bersambung. Silahkan klik kisah-kisah selanjutnya

- KISAH DAJJAL - Bagian 2 : Pengambaraan Dajjal
- KISAH DAJJAL - Bagian 3 : Dajjal dan Masa Kini
- KISAH DAJJAL - Bagian 4 : Cara Menghindai Malapetaka Dajjal


No comments:

Post a Comment