Saturday, March 7, 2015

KHUSYU’

KHUSYU’


KHUSYU’ saat shalat sangatlah sulit dilakukan meskipun bagi seorang Ustadz sekalipun, sangatlah manusiawi karena masih sulit untuk 100% suhud dunya namun kekhusyu’annya tergantung aktivitas masing-masing individu. Seperti seorang ibu yang solehah, lamunan dalam shalatnya pasti hanya berkisar pada pekerjaan rumah tangganya, apakah masakannya cukup garam dll. Pemain sepak bola sering tidak khusyu’ dalam shalatnya karena memikirkan permainan bolanya Bagaimana dengan penari? Koruptor? (shalatnya pasti membayangkan bagaimana mengamankan uangnya). Lebih keji lagi bagi yang berselingkuh... Naudzubillah!           

Ada beberapa trik untuk bisa khusyu’ dalam shalat menurut para Ulama antara lain ;            

#1 - Gerakan Wudhu & Shalat sesuai yang di sunnahkan oleh Rasulullah .

#2 - Tidak menutup mata dan padangan selalu kearah tempat sujud.

#3 - Bayangkanlah detakan jantung kita, usus kita melumatkan makanan kita dan gerakan organ-organ tubuh yang lain.."Kekuasaan Siapakah?"

#4 - Timbulkan rasa takut padaNYA akan MurkaNYA yang dapat menjadikan azab dunya, azab kubur, azab akhirat. 

#5 – Usahakan mengerti arti dari lafadz-lafadz shalat, minimal arti dari;
·         Allaahu Akbar (Allaah Maha Besar).
·         IyyaaKa na'budu wa iyyaaKa nasta'iin (hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan) lafads ini bisa diulang-ulang sampai terasa ketergantungan kita kepadaNYA khususnya disaat shalat sunnah (tidak berjamaah).
·         Subhana rabbial adziim (Mahasuci Tuhanku Yang Mahaagung)» disaat ruku’.
·         Subhana rabbial‘alaa (Masuci Tuhanku Yang Maha Tinggi).
·         Lafadz syahadat.."asyhaduanlaa ilaaha illaallah wa asyhaduanlaa Muhammadan Rasulullah" (saat duduk tasyahud awal & akhir) pandangan diarahkan ketelunjuk.
·         Lafadz Shalawat Ibrahima ..Allahumma shalli ala Muhammad wa ala ali Muhammad, kamashalaita ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim dan seterusnya ...

#6 - Haram membayangkan wujud Allah Subhanahu wa ta’ala, misal wujud manusia yang agung berkharisma atau wujud-wujud lain ... "Wa lam yakulllahu kufuwan ahad (tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia" (QS 112 – Al Ikhlas : 4)

Sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam" Nikmat tertinggi di Syurga adalah dapat memandang wajah Allah".                         

Wallahu alam bishawab.


Wasallam, Mimuk Bambang Irawan
Jakarta, 7 Maret 2015

No comments:

Post a Comment