Tuesday, April 24, 2018

AKHLAK YANG TERBAIK

AKHLAK YANG TERBAIK
Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam salah satu do’anya beliau memohon :
وَاصْرِفْ عَنِّيْ سَيِّئَهَالَايَصْرِفُ عَنِّيْ سَيِّئَهَاإِلَّاأَنْتَ
,أَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ, فَإِنَّهُ لَا يَهْدِيْ لِأَحْسَنِهَا إِلَّاأَنْتَ
“Ya Allah, tunjukkanlah aku pada akhlak yang paling baik, karena tidak ada yang bisa menunjukkannya selain Engkau. Ya Allah, jauhkanlah aku dari akhlak yang tidak baik, karena tidak ada yang mampu menjauhkannya dariku selain Engkau.” (HR. Muslim 771, Abu Dawud 760, Tirmidzi 3419)
PELAJARAN YANG TERDAPAT DALAM HADITS :
1. Kata akhlak sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai muslim kita mengetahui bahwa akhlak adalah salah satu hal yang harus diperhatikan terutama dalam kehidupan bermasyarakat. Seorang muslim senantiasa dianjurkan untuk memiliki akhlak yang baik dan menjauhi akhlak yang buruk. Sedemikian pentingnya akhlak dalam Islam, disebutkan dalam hadits diatas bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala utk ditunjukkan kearah akhlak yang palng baik dan dijauhkan dari akhlak yang tidak baik. 
2. Akan berat timbangan seseorang yang memiliki akhlak yang mulia, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  berikut. :
"Tidak ada sesuatu yang diletakkan pada timbangan hari kiamat yang lebih berat daripada akhlak yang mulia, dan sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat."
 (HR. Tirmidzi)
3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat mencintai manusia yang memiliki akhlak yang mulia:
Dari Jabir RA, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Sesungguhnya yang paling aku cintai dari kalian dan yang paling dekat tempatnya dariku di hari kiamat adalah yang paling mulia akhlaknya, dan yang paling aku benci dari kalian dan yan paling jauh tempatnya dariku di hari kiamat adalah yang banyak bicara, angkuh dalam berbicara, dan sombong." (HR. Tarmidzi)
4. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjamin sebuah rumah disurga apabila seseorang memiliki akhlak yang mulia :
Dari Abu Umamah ra; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :"Saya menjamin sebuah rumah tepi surga bagi orang meninggalkan debat sekalipun ia benar, dan sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang tidak berbohong sekalipun hanya bergurau, dan rumah di atas surga bagi orang yang mulia akhlaknya." (HR Abu Daud)
TEMA HADITS YANG BERKAITAN DENGAN AL QUR'AN :
Kata akhlak disebutkan dalam firman Allah pada ayat berikut ini :
إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ
"Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat." ~ QS 38 - Shad : 46 ~

No comments:

Post a Comment