Wednesday, April 11, 2018

ALLAH MENGAMPUNI SEMUA DOSA

KAJIAN AL QUR’AN
ALLAH MENGAMPUNI SEMUA DOSA
Pengajian Subuh Masjid At Taubah – Ustadz Abdullah Amin – Bekasi, Selasa, 10 April 2018
Topik kajian membahas tentang doa memohon ampunan Allah dalam surat Al Baqarah : 285- 286 serta surat-surat/ayat-ayat lainnya yang menyatakan bahwa Allah mengampuni semua dosa (termasuk dosa syirik) asalkan beriman kepada Allah.
Surat (2) Al Baqarah ayat 285 dan 286 adalah dua ayat yang paling sering dibaca karena banyak berisi doa-doa memohon ampunan dan pertolongan Allah terhadap kekafiran.
QS 2 : 285; “… dan mereka mengatakan kami dengar dan kami taat, (lalu berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami, dan kepada Engkaulah tempat kembali”
QS 2 : 286; “…. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami… Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir
QS 2 : 54; Nabi Musa menyeru kepada kaumnya bahwa dengan menyembah anak lembu mereka berarti telah menganiaya diri mereka sendiri, dan meminta agar mereka bertaubat kepada Allah yang telah menciptakan mereka dan ‘bunuhlah dirimu’ Catatan kaki 49)
49) “Membunuh dirimu”  ada yang mengartikan: orang-orang yang tidak menyembah anak lembu itu membunuh orang-orang yang menyembahnya. Ada pula yang mengartikan: orang-orang yang menyembah patung anak lembu itu saling bunuh-membunuh, dan ada pula yang mengartikan: mereka disuruh membunuh diri mereka masing-masing untuk bertaubat  
QS 25 : 68-70; Hamba Allah yang mendapat kemuliaan adalah mereka yang tidak syirik (hanya beriman kepada Allah), tidak membunuh orang kecuali dengan alasan yang benar dan tidak berzinah. Barangsiapa yang melanggar hal-hal diatas akan mendapat pembalasan atas dosa-dosanya, yaitu dilipat-gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan akan kekal dalam azab (neraka) itu, dalam keadaan terhina. Kecuali: orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh semasa masih hidup, Allah akan menggantikan kejahatan mereka dengan kebajikan. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang
QS 4 : 48; Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik (mempersekutukan Allah). Allah mengampuni segala dosa bagi siapa-siapa yang dikehendakinya kecuali dosa syirik. Barang siapa yang mempersekutukan Allah maka berarti dosanya sangat besar (sehubungan dengan ayat ini, lihat QS 39 : 53-54 di bawah ini)
QS 4 : 116; Allah tidak mengampuni dosa syirik, Dia hanya mengampuni dosa selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Kalau syirik berarti orang itu telah tersesat sangat jauh. (sehubungan dengan ayat ini, lihat QS 39 : 53-54 di bawah ini)
QS 39 : 53-54;  Hamba-hamba Allah yang sudah berdosa jangan berutus asa, patah semangat dalam mendapat rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa-dosa, karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Maka kembalilah kepada Allah dan berserah diri kepada-Nya, sebelum Dia mendatangkan azab sehingga tidak dapat ditolong lagi. Ini agar tidak ada penyesalan sebelum datangnya kematian.
QS 4 : 18; Taubat seseorang tidak akan diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepadanya (berada dalam keadaan sakratul maut) lalu baru bertaubat. Sudah terlambat taubatnya. Orang yang dalam kekafiran (tidak menyembah Allah yang berhak disembah) juga tidak akan diterima taubatnya.
QS 8 : 38; Seorang yang berhenti dari kekafiran (tadinya kafir, lalu bertaubat dan beriman kepada Allah), maka niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya di masa yang lalu. Tapi, jika mereka kembali syirik, maka akan berlaku padanya sunnah Allah terhadap orang-orang terdahulu, alias dibinasakan!
--------------------------------------------------------------------------------------------
Disarikan oleh H.R.Mimuk Bambang Irawan - Jakasampurna, Bekasi, Selasa, 10 April 2018

No comments:

Post a Comment