Sunday, April 8, 2012

10 MALAIKAT ALLAH

10 Malaikat Allah Yang Utama


Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah SWT, ada berjuta-juta malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT dan masing-masing malaikat sangat taat menjalani perintah-perintah Allah SWT tanpa reserve, apapun tugas yang diberikan kepada mereka.

Namun hanya ada 10 malaikat yang perlu kita ketahui sebagai hamba-Nya yang beriman, karena kesepuluh malaikat Allah tersebut sangat erat hubungannya dengan amal perbuatan kita di dunia dan nasib kita di akhirat kelak. Ini perkenalan kita secara umum kepada 10 malaikat Allah yang utama:

#1 – Jibril

Jibril merupakan malaikat utama yang menjadi andalan-Nya dalam menjalankan perintah-perintah penting dan khusus. Jibril boleh dibilang merupakan pemimpin para malaikat lainnya.

Tugas utamanya adalah menyampaikan risalah Allah kepada para Nabi dan Rasul. Spesialisasi Jibril dalam menyampaikan wahyu Allah antara lain dapat kita simpulkan dari 2 surat dan ayat sebagaimana difirmankan Allah SWT: “Dan tidaklah kami (Jibril) turun kecuali dengan perintah Tuhanmu” (QS 19 – Maryam : 64) dan “(Dialah) Yang Maha Tinggi derajat-Nya, Yang memiliki ‘arsy, Yang mengutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hambanya, supaya dia memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan )hari kiamat)” (QS 40 – Al Mu’min : 15)

Malaikat Jibril pernah diperintahkan menyampaikan wahyu Allah antara lain kepada Nabi dan Rasul; Musa as, Daud as, Isa as dan Muhammad SAW. Jibril disebut dengan beberapa nama lain, a.l, Namus, Ruhul Amin (Roh yang mendapat kepercayaan Allah), dan Ruhul Kudus (Roh yang suci).

#2 – Mikail

Mikail adalah malaikat pembagi rejeki kepada siapa-siapa yang dikehendaki Allah SWT. Ia sering kali menjadi asisten Jibril dalam melaksanakan perintah-perintah Allah SWT seperti misalnya saat:
  • Jibril membedah dada Nabi Muhammad SAW, di mana Mikail mengambil air zam-zam untuk mencuci hati Nabi SAW
  • Jibril mengantar Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj di malam hari 
#3 – Israil

Israil merupakan malaikat yang sangat ditakuti oleh kebanyakan manusia, karena tugasnya adalah mencabut nyawa atau ruh semua mahluk, termasuk manusia, para malaikat dan bahkan ruhnya sendiri. Nama lain yang seram ialah Malaikat Maut atau malaikat yang mengantar kepada kematian.

Namun walaupun tugasnya begitu menakutkan, Israil tidak akan pernah salah mencabut nyawa seseorang melainkan hanya mengikuti perintah Allah SWT.

#4 – Israfil

Israfil adalah malaikat yang nanti akan ditugaskan untuk meniup terompet (sangkakala) pada saat tiba hari kiamat dan saat menjelang manusia dibangkitkan dari alam kubur. Tugas Israfil dapat disimpulkan dalam firman Allah sebagai berikut: “Kami biarkan mereka di hari itu (hari kehancuran dunia/hari kiamat) bercampur aduk antara satu dengan yang lain. Kemudian ditiup lagi sangkakala (sebagai tanda dibangkitkannya dari kubur), lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya dan Kami tampakkan (neraka) Jahanam pada waktu itu (dikumpulkannya manusia di padang Mahsyar) kepada orang-orang kafir dengan jelas” (QS - )

#5 & #6 - Raqib dan Atid

Raqib adalah malaikat pencatat segala amal saleh, kata dan tindakan yang baik, sedangkan Atid sebaliknya, ia hanya mencatat perbuatan jahat, kata-kata dan tindakan buruk yang dilakukan manusia. Allah berfirman: “... (yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebalah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu perkataan yang diucapkan manusia, melainkan di dekatnya ada yang mencatatnya, yakni malaikat pengawas (Raqib dan Atid) yang selalu hadir” (QS 50 – Qaaf : 17 - 18)

#7 & #8 - Munkar and Nakir

Munkar dan Nakir merupakan dua malaikat yang banyak dibicarakan orang karena mereka berdua adalah malaikat yang akan mengadili kita saat kita berada dalam alam kubur. Mereka akan meng-‘interogasi’ ruh dalam kubur segera setelah jenazah di makamkan dan pelayat meninggalkan makam almarhum(ah).

Mereka berdua akan mendatangi ruh almarhum(ah) dalam kubur dan menanyakan segala perbuatan dan perkataan yang pernah dilakukan dan terucap, tentang sepak terjang si mayit selama hidup di alam dunia. Pertanyaan yang akan diajukan meliputi siapa Tuhanmu, siapa Nabimu dan apa Kitabmu, apa yang kaulakukan di dunia, apakah kamu mendirikan shalat, dan seterusnya.

Saat di-interogasi begini, mulut si mayit tertutup rapat, tidak bisa bicara ataupun mengucap kata-kata bohong. Yang menjawab setiap pertanyaan adalah anggota tubuh si mayit. Apa yang kau lihat? Maka yang menjawab adalah mata. Ke mana saja kau langkahkan kakimu? Maka yang menjawab adalah kaki dan seterusnya. Benar tidaknya jawaban yang disampaikan oleh anggota tubuh si mayit tergantung dari amal perbuatannya di dunia.

Sikap kedua malaikat tersebut tergantung pada ketaqwaan si mayit selama hidupnya. Terhadap mayit yang selama hidupnya senantiasa bertaqwa, taat mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, Munkar dan Nakir akan mendatanginya selama tujuh hari berturut-turut. Pada hari ke-tujuh, bila si mayit tetap bisa memberikan jawaban yang tepat, mereka akan mengatakan “Selamat bagimu. Tidurlah sebagaimana tidurnya pengantin baru sampai hari kebangkitan”

Setelah itu, atas perintah Allah SWT, kedua malaikat itu akan melapangkan kubur si mayit serta menggelar sajadah dan memberikan pakaian dari surga kepada si mayit. Lalu mereka akan membukakan sebuah lubang di sisi kepala mayit di mana si mayit bisa menyaksikan tempat tinggalnya di surga kelak. Setelah itu Munkar dan Nakir berlalu.

Kalau si mayit adalah pendurhaka dan selalu menentang perintah Allah dan tidak memperdulikan larangan-Nya selama hidupnya di alam dunia, malaikat Munkar dan Nakir akan mendatanginya selama empat-puluh hari berturut-turut. Pada hari ke-empatpuluh, bila si mayit tetap tidak bisa menjawab pertanyaan dengan betul, maka kedua malaikat itu akan meninggalkannya dengan penghinaan dengan mengucap “Tetaplah kamu dalam siksa kubur sampai hari kebangkitan tiba”.

Lalu dengan perkenan Allah SWT, kedua malaikat akan membukakan lubang di sisi kepala si mayit yang dihubungkan kepada sekian banyak lubang-lubang neraka jahanam. Si mayit akan merasakan hembusan panasnya neraka jahanam yang sangat dahsyat. Setelah itu Munkar dan Nakir berlalu.

#9 & #10 – Ridwan dan Malik

Kedua malaikat ini adalah penjaga surga dan neraka. Ridwan bertugas untuk menjaga surga di mana mahlukNya yang taat dan taqwa akan menerima ganjaran yang baik dari Allah SWT. Malik menjaga neraka jahanam, di mana pendurhaka akan menerima hukuman dari Allah SWT yang setimpal dengan amal perbuatannya yang buruk di dunia.

Semoga perkenalan dengan 10 Malaikat Allah ini menambah keimanan kita kepada Allah SWT dan kepada mahluk-mahluk gaib yang ’pasti ada’ dalam kehidupan di sekitar kita.  Aamiin Ya Rabbal alamin. 

Penulis: H. R. Bambang Irawan – disunting dari : Buku Pintar Agama Islam tulisan Syamsul Ijal Hamid.