Saturday, April 7, 2012

AL QUR'ANUL KARIM

10 Tips Mendapat Ridho Allah dengan Membaca Al-Qur’an

Mengapa kita diwajibkan membaca Al-Qur’an? Karena dengan membaca dan memahami Al Qur’an kita mengetahui bagaimana harus menjalani hidup di dunia ini dengan selamat dan kelak mendapatkan tempat yang mulia di Sisi Allah di akhirat.

Al-Qur’an adalah pedoman bagi manusia dan petunjuk serta rahmat bagi mereka yang meyakininya [Al Jaatsiyah (45) : 20), bukan saja bagi ummat Islam tapi bagi seluruh ummat manusia [Ali ‘Imran (3) : 138]. Al-Qur’an adalah petunjuk menuju jalan keselamatan yang dapat mengeluarkan orang dari kegelapan ke jalan yang lurus dan terang benderang [Al Maa-idah (5) :16], bahkan jalan yang lebih lurus bagi mereka yang beramal saleh (QS 17 : 9)

Allah dengan jelas dan tegas memerintahkan kita untuk mengikuti jalan yang lurus ini [Al An’aam (6):153] yakni dengan mengikuti Al-Qur’an yang telah diberkatiNya [Al An’aam (6) : 155] serta selain mengikuti Wahyu Allah ini juga memerintahkan untuk taat kepada Allah dan meninggalkan orang-orang yang musyrik [Al An’aam (6) : 106].

Dengan membaca, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari berarti kita telah memurnikan ketaatan kita kepada Allah SWT [Az Zumar (39) : 2, 11 , 14]

Allah juga menyebutkan ganjaran bila mengikuti Al Qur’an, yakni bahwa kita tak kan pernah sesat dan celaka di dunia [Thaahaa (20) :123] namun bila tidak mengikutinya maka kehidupan kita akan berada dalam kesempitan dan akan dikumpulkan di akhirat dalam keadaan buta [Thaahaa (20) : 124]

Nah, sebelum kita membaca dan memahami Al Qur’an kita tentu harus memiliki-nya seperti diperintahkan Allah SWT [Al Qalam (68) : 37]. Bukan sekedar memiliki namun juga membaca dan memahaminya dan mengingat Allah dengan menegakkan shalat lima waktu [Al’Ankabuut (29) : 45]

10 Tips mendapat Ridho Allah dengan membaca Al Qur’an:

#1 – Luruskan niat.

Niatkan membaca Al Qur’an untuk mendapat Ridho Allah dan memberikan petunjukNya [Al AnkaBuut (29) : 69]. Tanpa niat ini, maka membaca Al Qur’an hanya akan mendatangkan pahala namun tidak akan mendapat petunjuk dan  Ridho Allah. Allah akan seperti yang kita inginkan, bila niat kita membaca Al Qur’an seperti di atas maka Allah akan berkenan mengabulkannya.

#2 – Siapkan seluruh panca indra dan akal pikiran kita.

Konsentrasikan akal pikiran kita dan gunakan seluruh panca indra kita saat membaca Al-Qur’an. Ini berarti kita harus membacanya dengan mata hati dan perhatikan dengan tenang tanpa tergesa-gesa agar kita mendapat rahmat Allah [Al A’raaf (7) : 204].

#3 – Siapkan alat tulis.

Alat tulis sangat bermanfaat untuk mencatat berbagai hal-hal yang penting bagi pemahaman dan pengamalan Al Qur’an [Al Qamar (54) : 53]. Membaca Al Qur’an merupakan suatu perbuatan besar lagi mulia oleh karena itu catatlah segala sesuatunya yang bisa menambah keyakinan dan kecintaan kita kepada Allah SWT 

#4 – Bersedekahlah terlebih dahulu sebelum membaca Al Qur’an.

Sedekah itu perbuatan baik pembersih jiwa yang diperlukan untuk membaca sesuatu yang suci. Ayat-ayat Al Qur’an yang mengandung hikmat dan akan kita baca itu hanya akan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kita bila kita berbuat kebaikan [Lukman (31) : 1 – 3]. Salah satu perbuatan baik itu adalah bersedekah karena mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja, antara lain; mendoakan orang lain, membantu orang lain, senyum dsb.

#5 – Memohon perlindungan dari godaan syaitan yang terkutuk.

Allah mengingatkan kita untuk meminta perlindungan kepadaNya dari godaan syaitan yang terkutuk setiap membaca Al Qur’an [An Nahl (16) : 98]. Syaitan akan berusaha keras agar kita gagal membaca Al Qur’an dan mendapat rahmatNya dengan berbagai bentuk seperti buyarnya konsentrasi, mengantuk, rasa malas dan ingin cepat selesai, tergesa-gesa dan sebagainya. Bacalah ta’awuz dari dalam hati yang dalam.

#6 – Ucapkanlah kalimat “Basmallah” dengan jiwa.

Setelah memohon perlindungan, maka sebagaimana memulai berbagai kegiatan kita mengawali membaca Al Qur’an dengan mengucapkan kalimat “Basmallah” [Al Faatihah (1) : 1]. “Bismillahir-rohmanir-rohiim” harus kita baca dengan mulut dan jiwa yang dalam.

#7 – Hindari tergesa–gesa saat membaca Al Qur’an.

Hendaklah kita membaca Al Qur’an dengan tartil, tenang dan perlahan. Allah melarang kita untuk membaca Al Qur’an dengan cepat seperti ingin segera menguasai Al Qur’an [Al Qiyamah (75) : 16].

Sebagai pendengar bila seseorang lagi membacakan Al Qur-an, maka kita wajib mendengarkannya baik-baik dan memperhatikannya dengan tenang agar kita bisa mendapat rahmatNya [Al A’raaf (7) : 204].

#8 – Berdoalah sebelum dan selama membaca Al Qur’an.

Sebelum dan selama mempelajari Al Qur’an kita mohon (berdoa) kepada Allah agar kita ditambah ilmu, diberikan petunjuk, hikmah dan pemahaman [Thaahaa (20) : 114]

#9 – Teruslah bersemangat untuk berbuat kebaikan

Dengan terus berbuat kebaikan di manapun dan kapanpun maka Allah menjanjikan akan diberikan hikmah dan ilmu [Yusuf (12) : 22]. Oleh karenanya bila kita ingin memperoleh hikmah dan ilmu dari Al Qur’an, maka wajarlah bila kita terus berbuat kebaikan.

Hikmah di sini berarti pemahaman yang mendalam tentang Al Qur’an dan As-Sunnah [Al Baqarah (2) : 269]

#10 – Bacalah Al Qur’an kapan saja

Membaca Al Qur’an dapat dikerjakan kapanpun, terutama di waktu setelah shalat tahajud [Al Muzzammil (73) : 1 – 8]. Malam hari merupakan saat di mana kita bisa khusyuk dalam keadaan hening dan tenang. Siang hari kita akan disibukkan dengan berbagai urusan lain, sehingga niscaya kita tidak akan bisa tenang membaca Al Qur’an

Seperti Anda lihat, 10 tips atau kiat di atas diambil dari Al Qur’an juga, sehingga tips tersebut sudah pasti kebenarannya sehingga merupakan petunjuk yang gamblang bagaimana kita bisa mendapat ridho Allah dengan membaca Al Qur’an

Mengapa ridho Allah itu begitu penting buat kita?

Mendapat Ridho Allah itu sama artinya dengan mendapat sesuatu yang lebih besar nilainya dari mendapat surga [At Taubah (9) – 72]. Mendapat ridho Allah dianggap sebagai sesuatu keuntungan yang besar karena dengan mendapat ridho Allah kita juga pasti mendapat surga.

Setelah kita mengetahui ke 10 Tips tersebut di atas – dan karena itu merupakan perintah dalam Al Qur’an – maka tiada lain kewajiban kita setelah membacanya adalah untuk mengikutinya alias mengamalkannya [Al Qiyamah (75) : 17-18].

Summary of the day: - 10 Tips

  1. Luruskan niat membaca Al Qur’an untuk mendapat ridho Allah – 29 : 69 (artinya surah ke 29 ayat 69)
  2. Konsentrasi dan membaca Al Qur’an dengan tenang – 7 : 204
  3. Siapkan alat-alat tulis – 54 : 53
  4. Bersedekah sebelum membaca Al Qur’an : 31 : 1-3
  5. Memohon perlindungan dari syaitan terkutuk – 16 : 98
  6. Ucapkan “Basmallah” – 1 : 1
  7. Jangan tergesa-gesa membaca Al Qur’an – 75 : 16
  8. Berdoa sebelum dan selama membaca – 20 : 114
  9. Terus berbuat baik – 12 : 22
  10. Bacalah Al Qur’an terutama malam hari – 73 : 1-8
Ridho Allah nilainya lebih besar dari surga – 9 : 72
Arti hikmah – 2 : 269
Setelah baca Al  Qur’an kita harus mengamalkannya – 75 : 17-18
Bila orang membaca Al Qur’an kita harus mendengarkan baik-baik – 7 : 204


Semoga bermanfaat, Amin

Wassalam

No comments:

Post a Comment