Wednesday, November 13, 2013

MANFAAT KESEHATAN SHALAT LIMA WAKTU DAN SHALAT TAHAJUD

MANFAAT KESEHATAN SHALAT LIMA WAKTU DAN SHALAT TAHAJUD


Bismillahirrohmanirrohiim.

1. SHALAT ISYA : TERAPI PERIKARDIUM (MEMBUANG KELEBIHAN ENERGI DARI JANTUNG).

Fungsi perikardium adalah membuang kelebihan energi dari jantung dan dikirim ke titik laogong*) yang terletak di telapak tangan. Pada saat malam hari dimulai sistem penurunan kerja organ internal (seluruh tubuh akan memasuki masa istirahat) terutama kerja jaringan otot dan otak yang digunakan untuk gerak dan berfikir. Waktu dan gerakan shalat isya mempengaruhi kerja perikardium yang membuang kelebihan energi dari jantung, sehingga proses istirahat menjadi sempurna.

Catatan: *) Titik laogong (Lao Gong) merupakan istilah dalam pengobatan China Tao, yang merupakan satu titik akupresur yang paling ampuh yang berhubungan dengan otot jantung (perkardium), Letaknya di telapak tangan. Lebih jauh mengenai titik laogong di  http://taoism.about.com/od/Acupressure_Treasures/a/LaoGong-PC8.htm

2. SHALAT SUBUH : TERAPI PARU-PARU.

Waktu subuh adalah terbit fajar sampai terbit matahari. Malam hari terjadi pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh (detoksifikasi) dan pada jam 4.00 pagi pembersihan sampai ke paru-paru. Dari paru-paru darah mengambil bahan bakar oksigen yang masih bersih. Seluruh organ tubuh menerima pasokan nutrisi yang bersih, sehingga tubuh terasa lebih segar.

3. SHALAT DZUHUR: TERAPI JANTUNG DAN USUS KECIL.

Enerji yang keluar diwaktu dzuhur membawa hawa panas, emosi meningkat dan kerja jantung mencapai puncak. Air wudhu mampu menstabilkan panas jantung, yang dengan gerakan shalat akan lebih efektif memompa darah untuk membawa sari makanan guna disalurkan ke organ tubuh yang lain.

4. SHALAT ASHAR : TERAPI KANDUNG KEMIH (MEMBUANG SISA PROSES KIMIA DI TUBUH).

Shalat ashar dilakukan di saat batas siklus panas ke dingin, membuat organ tubuh mudah membuang zat-zat kimia dari dalam tubuh. Keadaan ini sesuai dengan sifat organ kandung kemih dalam tubuh manusia. Fungsi utama kandung kemih ialah menampung cairan tubuh yang telah disaring oleh ginjal menjadi urin (air kencing) dan mengeluarkannya dari tubuh. Terjadilah keseimbangan kimia dalam tubuh sehingga metabolisme bisa terjaga.

5. SHALAT MAGHRIB : TERAPI GINJAL.

Pada waktu shalat maghrib suhu udara semakin menurun. Sistem ginjal mulai menyesuaikan diri dengan alam dan enerji di sekitarnya. Ginjal dan kandung kemih organ yang berpasangan. Keduanya akan mengontrol tulang, sumsum dan otak. Kedua organ ini memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme air dan mengendalikan cairan tubuh. Gerakan maghrib dan waktu maghrib sangat membantu penyesuaian organ tubuh dengan keadaan alam sekitar. Karena gerakan shalat akan menjaga agar energi panas dalam tubuh selalu seimbang.

6. SHALAT TAHAJJUD : TERAPI OTAK DAN KANKER

Sudah disinggung di atas bahwa pembersihan zat-zat beracun dalam tubuh dimulai pada jam 11.00 malam dan pembersihan itu diawali dari otak. Pembersihan racun di otak membutuhkan waktu 3 jam berakhir pada jam 2.00 pagi. Para ilmuwan Jerman mengatakan, adanya kekacauan sel-sel otak pada jam 11 malam sampai jam 2 pagi. Sikap terbaik menghadapi waktu tersebut adalah beristirahat. (tidur). Pada jam 2 pagi pembersihan racun-racun diotak telah selesai. Waktu di mana kita dibangunkan untuk shalat tahajud.

Betapa luar biasanya Allah menciptakan manusia dan memerintahkan manusia untuk beribadah kepadaNya. Tujuannya tak lain agar manusia itu selamat di dunia dan akhirat dengan menjaga kesehatan jasmani dan rohani .... Subhanallah ..... Allahu Akbar

Semoga bermanfaat

Jakarta, !4 November 2013
Wassalam © Mimuk Bambang Irawan

No comments:

Post a Comment