Friday, July 17, 2015

ASBABUN NUZUL KE 30

TURUNNYA SURAH 2 – AL BAQARAH AYAT 195, SURAH 9 – AT TAUBAH AYAT 41

Kisah Abu Ayyub Al Anshari – Kediaman pertama Rasulullah di Yatsrib     

Pada saat itu tanggal 12 Rabiul Awal, Tahun ke 13 Kenabian. Dalam perjalanan berhijrah dari Mekkah ke Yatsrib, Rasulullah telah sampai di Quba. Beliau tinggal dulu di Quba selama 3 hari dan membangun Masjid pertama di Yatsrib. Sepanjang perjalanan menuju kota Yatsrib, para penduduk menyambutnya dan berharap beliau berkenan untuk singgah dulu dirumahnya. Agar tidak menyinggung perasaan siapapun dengan berhenti di salah satu rumah dan mengabaikan yang lain, Rasulullah membiarkan untanya untuk berjalan sekehendaknya, karena itu diperintah Allah.  

Akhirnya unta berhenti di halaman rumah Abu Ayyub, salah seorang Bani Najjar yang ikut dibai'at Rosulullah di Aqobah. Alangkah bahagianya hati Abu Ayyub, Allah Subhanahu wa ta’ala telah memilih rumahnya untuk tempat tinggal Rasulullah diawal kedatangannya di Yatsrib. Allah SWT memlihkan tempat itu karena buyutnya, Salma berasal dari keluarga Al Najjar dan ayahnya, Abdullah meninggal disini.
Rasulullah menetap di rumah Ayyub selama satu bulan, dan selama itu beliau melakukan berbagai aktivitas, termasuk mengganti nama Yatsrib menjadi Madinah. Di rumah itu beliau mengislamkan Abdullah ibn Salam seorang pembesar Yahudi Madinah dan membongkar kemunafikan serta kebencian kaum Yahudi terhadap islam. Rasulullah juga mempersaudarakan setiap kaum Anshar dan Muhajirin.
Sejak kedatangan Rasulullah di Madinah, kaum muslim semakin bertambah banyak. Namun timbul gejolak sosial, didalam Kaum Anshar merasa telah terlalu banyak membantu bersedekah harta kepada Kaum Muhajirin.
Beberapa orang Anshar termasuk Abu Ayyub diam-diam menggelar pertemuan dengan maksud melepaskan kaum Muhajirin dari bantuan mereka.
Allah Subhanahu wa ta’ala mengetahui segala apa yang mereka sembunyikan. Allah menurunkan wahyu kepada RasulNya : 
وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“Wa anfiquu fii sabiilillaahi walaa tulquubi aidiikum ilattahlakati wa ahsinuu innallaaha yuhibbul muhsiniin”.
"Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik". ~ QS 2 Al-Baqaraħ: Ayat 195 ~
Ayat ini menyadarkan mereka, bahwa apa yang mereka lakukan belum seberapa dibandingkan dengan perjuangan Rasulullah dan kaum Muhajirin yang merelakan harta, keluarga bahkan jiwanya sendiri.
Kaum Quraisy mulai menebarkan perang, Allah Subhanahu wa ta’ala menyerukan kaum Muslim untuk jihad di jalanNya. Ternyata sebagian Muslim ada yang berpura-pura sakit, atau udzur agar terbebas dari ikut berperang. Allah Subhanahu wa ta’ala menegurnya dengan menurunkan ayat : 
انْفِرُوا خِفَافًا وَثِقَالًا وَجَاهِدُوا بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ 
“Infiruu khifaafaw watsiqaalaw wajaahiduu biamwaalikum wa anfusikum fii sabiilillaah. Dzalikum khairullakum in kuntum ta’lamuun”.
"Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui". ~ QS 9 - AtTaubaħ: Ayat 41 ~
Pada masa kekhalifahan Ali ibn Abi Tholib terjadi konflik antara pengikut Ali dengan pengikut Muawiyah ibn Abu Sufyan. Abu Ayyub memilih pulang ke Madinah untuk merenung mengenangkan saat-saat serumah dengan Rasulullah.
Namun ketika pasukan Muawiyah akan dikirim ke Romawi untuk merebut Konstantinopel, Abu Ayyub yang sudah udzur bersikukuh memaksakan diri untuk ikut berjihad. Dalam kondisi badan sedang sakit dia dibopong maju ke medan perang dan meninggal ditapal batas kota  Konstantinopel (sekarang Istanbul, Turki) serta dikuburkan disana sesuai amanatnya. Sekarang kuburannya dijadikan tujuan ziarah umat Islam.
Bekasi, 12 Juli 2015
Edited and posted by: Rika Rakasih
Sumber : Kitab Asbabun Nuzul
Penerbit: Zaman
Penulis : Fathi Fauzi Abd Al Mu’thi
Disarikan oleh : Idih Ruskanda

Thema :   Al Baqarah (2) – Ayat 195 , At Taubah (9) – Ayat 41 à  Abu Ayyub Al Anshari – Kediaman pertama Rasulullah di Yatsrib . 

No comments:

Post a Comment