Sunday, July 21, 2013

8 SYARAT AGAR BERKUMPUL DENGAN KELUARGA DI SURGA

Sahabat-sahabatku yang dimuliakan Allah Subhaanahu wa ta’ala. 

Bagi muslimin ada satu reuni yang memiliki nilai luar biasa, yaitu kesempatan bertemunya kembali keluarga besar seketurunan di tempat baru yang sangat menyenangkan di akhirat kelak.

Demikian Allah Subhaanahu wa ta’ala telah berfirman dalam Surah 13 - Ar-Ra'd ayat ke 18-21, bahwasanya kita bersama keluarga besar bisa bertemu di surga 'Adn, dengan memenuhi delapan syarat seperti diterangkan dalam surah dan ayat-ayatnya sebagai berikut:  

#1 - M
emenuhi seruan Tuhannya

Barang siapa yang patuh kepada Allah niscaya ia akan mendapatkan pembalasan yang sebaik-baiknya.­ 

#2 - M
emenuhi janji Allah dan tidak melanggar perjanjian.

Janji Allah disini mutlak, meliputi semua macam perjanjian. Janji terbesar yang menjadi pokok pangkal semua perjanjian ialah janji iman. Perjanjian untuk setia menunaikan segala konsekuensi iman.

#3 - Menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan

Dalam hal ini taat secara paripurna, istiqomah yang berkesinambungan­, dan berjalan di atas sunnah sesuai dengan aturan-Nya dengan tidak menyimpang dan tidak berpaling.

#4 -
Takut kepada Allah

Takut kepada Allah dan takut kepada siksaan yang buruk dan menyedihkan pada hari pertemuan yang menakutkan.

#5 -
Sabar

Sabar atas semua beban perjanjian di atas (seperti beramal, berjihad, berdakwah, berijtihad), sabar dalam menghadapi kenikmatan dan kesusahan, dan sabar dalam menghadapi kebodohan dan kejahilan manusia yang sering menyesakkan hati. 

#6
- Mendirikan Shalat

Ini termasuk juga memenuhi janji dengan Allah. Shalat ditonjolkan karena merupakan rukun pertama perjanjian ini, sekaligus menjadi lambang penghadapan diri secara tulus dan sempurna kepada Allah. Juga penghubungan yang jelas antara hamba dengan Tuhan, yang tulus dan suci.

#7 - Menginfakkan sebagian rezeki secara sembunyi atau terang-terangan­


#8 - Menolak kejahatan dengan kebaikan dalam pergaulan sehari-hari


Dalam hal ini diperintahkan membalas kejelekan dengan kebaikan apabila tindakan ini memang dapat menolak kejahatan itu, bukan malah menjadikan yang bersangkutan semakin senang berbuat kejahatan.

Sahabat-sahabat salehku .....
Delapan syarat ini telah Allah jamin akan menghantarkan seseorang dapat berkumpul di surga 'Adn. Mereka mendapati tempat kesudahan yang baik. 

Di samping masuk surga, mereka juga dimuliakan dengan bertemunya kembali dengan orang-orang yang mereka cintai. Hal ini merupakan kelezatan lain yang mereka rasakan di dalam surga. Semoga kita termasuk di dalamnya.

Dan Allah Subhaanahu wa ta’ala berfirman: 
"Orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), yaitu Surga 'Adn yang mereka masuk kedalamnya bersama-sama orang yang saleh dari bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan anak-cucu mereka, sedang malaikat-malaik­at masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu (sambil mengucapkan), 'salaamun alaikum bimaa shabartum (keselamatan atasmu berkat kesabaranmu). 'Maka, alangkah baiknya tempat kesudahan itu" (QS 13 - Ar-Ra'd : 22-24)

Surat dan ayat lainnya:

Dan orang-orang yang beriman dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya (QS 52 – Ath-Thuur : 21)

Allah mengabarkan bahwa dengan karunia, pemberian dan kemurahanNya kita dapat berkumpul bersama keluarga di surga. Allah mengumpulkan mereka bersama orang-orang beriman yang berhak masuk surga.

Perlu dicatat, bahwa yang membuat keluarga berkumpul di surga bukan semata-mata karena nasabnya, namun karena iman dan amal saleh yang menjadikan mereka masuk surga. Karenanya seorang mukmin harus berusaha untuk men-saleh-kan orang-orang terdekatnya melalui nasihat, dakwah, mengajak kepada yang ma’ruf dan mencegah kemunkaran, serta mendoakan kebaikan untuk keluarga dan kerabat dekatnya agar bisa berkumpul bersama di surga

Semoga kita termasuk orang yang mendapat kesempurnaan nikmat ini di akhirat nanti .... Aamiin ya Rabbal’aalamiin

Dari sahabatku Tutik Kuswardaningsih

No comments:

Post a Comment