Monday, July 29, 2013

MERAYAKAN IDUL FITRI


Bagaimana kita merayakan Lebaran secara benar? Ada 4 kegiatan yang membuat ibadah kita tuntas dan afdol di bulan suci ini.

Pertama: membayar zakat fitrah. Yang ini jangan ditunda, makin cepat makin baik. Jumlah zakat yang ditentukan oleh Bazis -3,5 liter beras- adalah jumlah yang minimal. Dianjurkan untuk membayar lebih dalam bentuk sembako sesuai dengan kemampuan setiap ummat.

Kedua: mengumandangkan takbir. Kita harus bertakbir mengumandangkan asma Allah Yang Maha Besar mulai dari waktu isya sampai kita mau shalat Ied. Tak perlu dengan memukul bedug atau drum dengan bertalu-talu. Bertakbir bisa kita lakukan di masjid dengan melantunkannya dengan indah dan penuh khidmat.

Ketiga: melaksanakan shalat Ied. Diawali dengan niat dan persiapan yang matang. Dianjurkan memakai baju yang paling bagus yang kita miliki, tak perlu baju baru, serta menggunakan wangi-wangian sebagai ungkapan rasa gembira atas kemenangan yang telah diraih.

Keempat: bersilaturahim. Dengan bersilaturahim kita merekat kembali hubungan-hubungan dengan sanak saudara dan handai taulan yang renggang di waktu yang lalu sambil mendoakan “Semoga kamu dan saya diberikan ampunan atas segala dosa yang telah kita lakukan”. Dalam bersilaturahim dengan orang tua di jaman krismon begini, tak perlu kita memaksakan diri untuk berjumpa secara fisik. Bersilaturahim dapat dilakukan dengan surat, telegram atau telepon.


Itulah pesan yang disampaikan oleh Drs. KH. Efendy Zarkasyi dalam ceramahnya di depan jemaah tarawih dari hotel ke hotel berjudul Hakekat Idul Fitri, di Hotel Hyatt Aryaduta tanggal 15 Januari 1999 yang lalu. 

No comments:

Post a Comment