Saturday, July 13, 2013

MASJID AL-MARKAZ AL-ISLAMI MAKASSAR

Masjid Al-Markaz Al-Islami merupakan salah satu masjid paling megah di Kota Makassar. Masjid ini didirikan pada tahun 1994 atas prakarsa Jenderal M. Jusuf. Ide pendiriannya sendiri sebenarnya sudah terlontar sejak tahun 1989 ketika Jenderal M. Jusuf menjadi pimpinan perjalanan haji. Pembangunannya membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Masjid ini diresmikan penggunaannya pada 12 Januari 1996 atau 27 Syaban 1416 H dengan menelan biaya 12 miliar rupiah. Bangunan masjid dikonstruksi menjadi tiga lantai yang dibagi-bagi menjadi ruangan-ruangan untuk kesekretariatan, aula, perpustakaan, pendidikan, koperasi dan kantor MUI Sulawesi Selatan.

Kemegahan masjid ini semakin lengkap dengan gaya arsitekturnya yang unik. Perpaduan antara arsitektur Arab, Gowa dan Bugis-Makassar. Bangunannya didominasi wana hijau. Lantainya terbuat dari batu granit yang semakin menambah kesan megah ketika memasuki bangunan masjid. Lingkungan di sekitar masjid juga cukup asri dan sejuk. Diberbagai sudut masjid tumbuh pohon-pohon yang memberikan kesan hijau.

Majid Al-Markaz Al-Islami tidak memiliki Kubah Bawang seperti masjid pada umumnya. Kubah itu berbentuk Kuncup Segi Empat, mirip dengan atap rumah suku Bugus dan Masjid Katangka yang merupakan masjid tertua di Makassar. Masjid ini mampu menampung 10.000 jemaah.

Kini masjid ini telah berkembang menjadi pusat kajian agama Islam terbesar di Indonesia bagian timur. Namanya pun telah berubah menjadi Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M. Jusuf. Penambahan nama Jenderal M. Jusuf sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum yang memprakarsai pembangunan masjid ini.

(Dari sharing status FB sahabatku Asrul Agin)

Foto-Foto Masjid Al- Markaz Al- Islami Makassar:






No comments:

Post a Comment