Friday, July 26, 2013

DALIL TENTANG IMSAK

DALIL TENTANG IMSAK

Apakah yang disebut ‘imsak’ itu?

Masyarakat umumnya mengenal imsak sebagai batas dimulainya puasa. Dan biasanya waktunya adalah 10 menit menjelang datangnya waktu subuh.

Untuk anda ketahui, sebenarnya imsak itu hanya dikenal di Asia Tengara, khususnya Indonesia. Kemungkinan yang membuat ajaran imsak ini berniat baik agar kita mempunyai waktu untuk bersiap diri melaksanakan shalat dan mempersiapkan waktu terbitnya fajar.

Namun dia lupa bahwa Islam yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam sudah sempurna, sehingga tidak perlu ditambah atau dikurangi. Akibatnya, sekarang ini banyak umat menganggap batas akhir makan sahur adalah imsak, sehingga menghilangkan ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam yang sesungguhnya.

Dalil: “Jika salah seorang dari kamu mendengar adzan sedangkan ia masih memegang piring (makanan), maka janganlah ia meletakkannya hingga dia menyelesaikan hajatnya (makannya)” – (HR Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim, dishahihkan oleh Adz Zahabi)

Ibnu Umar berkata: “Alqamah bin Alatsah pernah ber sama Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, kemudian datang Bilal akan mengumandangkan adzan, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam  bersabda: “Tunggu sebentar wahai Bilal, Alqamah sedang makan sahur” – Hadist ini dihasankan oleh Suaikh Al Albani.

Dan makan dan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam, yaitu fajar~ QS 2 – al-Baqarah : 187 ~

Jadi batas santap sahur adalah adzan subuh.

Apa yang diberikan Rosul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarang bagimu maka tinggalkanlah~ QS 59 – Al Hasyr : 7 ~

Mohon sebarkanpesan ini, agar tidak semakin tersebar kesalahan dan kekeliruan di masyarakat kita.


Semoga berkenan dan bermanfaat – Fuznah Marzuqoh, SH, CH, CMNLP – Broadcaster, Lecturer, Trainer, Motivator, Life Coach.

No comments:

Post a Comment