Saturday, April 25, 2015

JANGAN TINGGALKAN SHALAT SUBUH

JANGAN TINGGALKAN SHALAT SUBUH


Allah telah menyediakan bagi mereka yang menjaga ketaatan kepadanya dengan jaminan syurga. Diantara amalan yang mudah dan mampu dilakukan setiap muslim untuk meraih kemuliaan itu adalah dengan menjaga shalat subuh. 

Mengapa shalat shubuh lebih diistimewakan oleh Allah dari shalat-shalat yang lainnya? Inilah rahasinya…!  

#1. SHALAT SHUBUH MENJADI TAMENG DARI NERAKA 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : "Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar)." (H.R. Muslim no. 634).

#2. SHALAT SUBUH JAMINAN MASUK SURGA 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda;"Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga." (HR Bukhari, 574 - Muslim, 635).

#3. SHALAT SUBUH DAPAT PAHALA SEPERTI SHOLAT SEMALAMAN

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang shalat isya' berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya." (HR Muslim. 656).

#4. SHALAT SHUBUH MENDAPAT JAMINAN KESELAMATAN 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :"Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam." (HR Muslim, 163).

#5. BERCAHAYA DI HARI KIAMAT

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : "Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (Isya' dan Shubuh) menuju Masjid, dengan cahaya yang sangat terang pada hari Kiamat kelak." (HR Ibnu Majah - Tirmidzi) 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa menuju masjid pada waktu pagi hari atau sore hari maka Allah akan memberikan jamuan hidangan baginya di surga pada setiap pagi dan sore.” (HR. Al-Bukhari, 148 dan Muslim, 669).

#6. SHALAT SUBUH LEBIH BAIK DARI DUNIA DAN ISINYA 

Hal ini berdasarkan keutamaan shalat sunnah rawatib yang mengiringi shalat shubuh adalah lebih baik dari dunia dan seisinya, apalagi sholat shubuh yang fardhu, maka lebih utama lagi darinya. 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda "Dua rakaat shalat shubuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya." (HR Muslim - Ahmad).

#7. PARA MALAIKAT MENYAKSIKAN 

Allah berfirman: "Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat)." (Al-Isra' 78) 

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: "Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh)." (HR Bukhari, 137 - Muslim. 632)

SubhanAllah..

Inilah keistimewaan yang tersembunyi dibalik shalat shubuh. Sungguh merugilah kita yang telah sengaja meninggalkan serta melalaikannya.


Airport King Abdul Aziz Jedda

No comments:

Post a Comment